Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail Penyerbuan Osama Diduga Bocor ke Hollywood

Kompas.com - 06/01/2012, 17:55 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Departemen Pertahanan Amerika Serikat dilaporkan tengah menyelidiki dugaan bahwa informasi rahasia soal pembunuhan terhadap Osama bin Laden telah dibocorkan ke sutradara Kathryn Bigelow.

Hal itu dikatakan Peter King, Ketua Komisi Keamanan Dalam Negeri DPR AS, Kamis (5/1/2012). Menurut King, dia menuntut investigasi atas laporan bahwa pemerintahan Presiden Barack Obama memberi akses tingkat ke Bigelow dan Sony Pictures tentang penyergapan yang menewaskan Osama bin Laden di Pakistan tahun lalu.

"Saya senang bahwa Inspektur Jenderal Departemen Pertahanan dan CIA sependapat dengan saya bahwa dugaan kebocoran (penyerbuan Osama) ke industri film merupakan hal yang patut diselidiki dan harus ditindaklanjuti," kata King dalam sebuah pernyataan.

"Kebocoran itu menyusul kesuksesan misi Bin Laden yang diikuti penahanan warga Pakistan dan menempatkan para pahlawan yang terlibat dalam misi itu dan keluarga mereka dalam bahaya," lanjutnya.

Dalam pernyataannya, King menyertakan surat-menyuratnya dengan pihak Pentagon yang dilakukan pada bulan Desember dan November. Dalam surat dari Deputi Direktur CIA ada konfirmasi bahwa penyelidikan tengah dilakukan.

King mengajukan permohonan investigasi soal dugaan kebocoran itu pada Agustus 2011. Saat itu Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney membantah tuduhan King dan menyebutnya "konyol". Carney menegaskan bahwa pemerintah tidak "membicarakan informasi rahasia...."

"Saya berharap di saat kita menghadapi ancaman terorisme, Komisi Keamanan Dalam Negeri DPR mempunyai topik lebih penting ketimbang sebuah film," kata Carney, menanggapi tuduhan King saat itu, seperti dilansir Politico.

Dalam pernyataan Kamis kemarin, King mengatakan bahwa film besutan Bigelow itu dijadwalkan bakal dirilis pada Oktober 2012, sebulan sebelum pemilihan presiden AS. Presiden Obama hampir dipastikan mencalonkan diri lagi dalam pemilu yang berlangsung pada bulan November itu.

Kathryn Bigelow merupakan sutradara penerima Piala Oscar sebagai sutradara terbaik untuk film The Hurt Locker pada ajang Academy Award 2008. Film yang berkisah tentang tim penjinak bom Angkatan Darat Amerika Serikat dalam perang Irak menerima Oscar untuk lima kategori lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com