Detail Penyerbuan Osama Diduga Bocor ke Hollywood

Kompas.com - 06/01/2012, 17:55 WIB
EditorKistyarini

WASHINGTON, KOMPAS.com — Departemen Pertahanan Amerika Serikat dilaporkan tengah menyelidiki dugaan bahwa informasi rahasia soal pembunuhan terhadap Osama bin Laden telah dibocorkan ke sutradara Kathryn Bigelow.

Hal itu dikatakan Peter King, Ketua Komisi Keamanan Dalam Negeri DPR AS, Kamis (5/1/2012). Menurut King, dia menuntut investigasi atas laporan bahwa pemerintahan Presiden Barack Obama memberi akses tingkat ke Bigelow dan Sony Pictures tentang penyergapan yang menewaskan Osama bin Laden di Pakistan tahun lalu.

"Saya senang bahwa Inspektur Jenderal Departemen Pertahanan dan CIA sependapat dengan saya bahwa dugaan kebocoran (penyerbuan Osama) ke industri film merupakan hal yang patut diselidiki dan harus ditindaklanjuti," kata King dalam sebuah pernyataan.

"Kebocoran itu menyusul kesuksesan misi Bin Laden yang diikuti penahanan warga Pakistan dan menempatkan para pahlawan yang terlibat dalam misi itu dan keluarga mereka dalam bahaya," lanjutnya.

Dalam pernyataannya, King menyertakan surat-menyuratnya dengan pihak Pentagon yang dilakukan pada bulan Desember dan November. Dalam surat dari Deputi Direktur CIA ada konfirmasi bahwa penyelidikan tengah dilakukan.

King mengajukan permohonan investigasi soal dugaan kebocoran itu pada Agustus 2011. Saat itu Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney membantah tuduhan King dan menyebutnya "konyol". Carney menegaskan bahwa pemerintah tidak "membicarakan informasi rahasia...."

"Saya berharap di saat kita menghadapi ancaman terorisme, Komisi Keamanan Dalam Negeri DPR mempunyai topik lebih penting ketimbang sebuah film," kata Carney, menanggapi tuduhan King saat itu, seperti dilansir Politico.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam pernyataan Kamis kemarin, King mengatakan bahwa film besutan Bigelow itu dijadwalkan bakal dirilis pada Oktober 2012, sebulan sebelum pemilihan presiden AS. Presiden Obama hampir dipastikan mencalonkan diri lagi dalam pemilu yang berlangsung pada bulan November itu.

Kathryn Bigelow merupakan sutradara penerima Piala Oscar sebagai sutradara terbaik untuk film The Hurt Locker pada ajang Academy Award 2008. Film yang berkisah tentang tim penjinak bom Angkatan Darat Amerika Serikat dalam perang Irak menerima Oscar untuk lima kategori lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.