Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Ketat di Asean Tourism Forum 2012

Kompas.com - 06/01/2012, 08:57 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Perhelatan akbar dunia pariwisata, Asean Tourism Forum 2012 digelar di Kota Manado, Sulawesi Utara pada 8-15 Januari nanti. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut kedatangan ribuan tamu istimewa ke Negeri Nyiur Melambai ini. Untuk pengamanan, Polda Sulut mengerahkan 794 anggota polisi dalam operasi pengamanan bertajuk Maengket Samrat yang mulai digelar Jumat (6/1/2012) ini.

"Pengamanannya ketat seperti WOC lalu. Hal itu dilakukan karena ancaman bisa datang kapan saja, dan patut diwaspadai," ujar Kepala bidang Humas Polda Sulut, AKBP Pdt Denny Adare, Kamis (5/1/2012) siang.

Selain 794 personel, Polda turut dibantu oleh TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja. Polda pun akan menurunkan Tim Gegana mencegah kemungkinan terburuk seperti bom, dan penempatan sniper di lokasi strategis. "Nantinya, akan dilakukan sterilisasi, di tempat pertemuan, bandara dan tempat strategis lainnya. Sniper juga dimungkinkan untuk ditempatkan, tergantung situasi," sebutnya.

Dijelaskan, selain penempatan personel di titik penyelanggaraan, anggota polisi juga diikutsertakan bersama perwakilan tiap delegasi. "Obyek-obyek wisata juga jadi perhatian kami. Karena peserta ATF kemungkinan akan mengunjunginya," kata Adare.

Rencananya, hari ini, Polda Sulut akan melaksanakan gelar pasukan operasi Maengket Samrat di kawasan Grand Kawanua. "Sampai hari ini (kemarin), keadaan masih kondusif, kami harapkan semua stake holder termasuk masyarakat berpartisipasi demi kelancaran penyelanggaraan ATF," ujar mantan kepala BNN Manado itu.

Sebelumnya Danrem 131/Santiago Kolonel Inf Almost Beard Maliogha mengungkapkan, akan diturunkan 2.500 pasukan untuk mengamankan kegiatan internasional tersebut. Apalagi dalam kegiatan tersebut akan ada tamu VVIP.

Mulai hari ini, tamu dan peserta ATF 2012 mulai berdatangan di Manado melalui Bandara Sam Ratulangi. "Hari ini sebagian EO sudah datang, Jumat besok (6/1/2011), ada 226 tamu yang pasti akan, termasuk 100 media nasional dan internasional untuk meliput kegiatan ATF ini," jelas Zuhron Navani, Ketua Panitia ATF di Bandara Sam Ratulangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com