Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Politisi Berebut Tiket Partai Republik

Kompas.com - 04/01/2012, 13:03 WIB

DES MOINES, KOMPAS.com - Enam politisi dari Partai Republik berjuang untuk merebut tiket ke Gedung Putih. Mereka memulainya dengan mengikuti kaukus di negara bagian Iowa yang diselenggarakan pada Selasa (3/1/2012).

Mitt Romney: Mantan guberner negara bagian Massachusetts dan penganut Mormon ini dianggap sebagai calon kuat yang akan diusung Republik untuk memperebutkan kursi Gedung Putih. Namun sejumlah keraguan, terutama soal pandangan konservatifnya, masih membayanginya.

Rick Perry: Gubernur negara bagian Texas ini pernah dianggap sebagai calon alternatif selain Mitt Romney. Sayangnya, dia melakukan beberapa kali kesalahan konyol dalam kampanyenya selama ini.

Rick Santorum: Mantan senator Pennsylvania ini nyaris terhapus dari bursa calon-calon Partai Republik namun namanya tiba-tiba mencuat menjelang kaukus Iowa.

Newt Gingrich: Mantan ketua DPR AS ini sempat menempati urutan teratas dalam jajak pendapat Partai Republik. Sayangnya, popularitasnya kemudian merosot di tengah berondongan iklan kampanye yang menyudutkannya.

Michelle Bachmann: Anggota Kongres dari Minnesota itu dikenal sebagai sosok yang cukup vokal dan calon favorit dari Tea Party, tetapi kampanyenya agak goyah dalam beberapa bulan terakhir.

John Huntsman: Mantan gubernur negara bagian Utah dan penganut Mormon ini tidak mengikuti kaukus di Iowa. Dia memilih mempersiapkan diri untuk primary di New Hampshire pekan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com