Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Rusia Kembali Bermasalah

Kompas.com - 04/01/2012, 12:25 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com — Sebuah kapal Rusia pengangkut ikan-ikan beku memancarkan sinyal darurat setelah mengalami masalah di tengah lautan yang bergolak di kawasan Rusia timur jauh, Selasa (3/1/2012) malam. Sembilan belas awak kapal tersebut berhasil diselamatkan setelah dipindahkan ke kapal lain yang berada di dekat lokasi, Rabu (4/1/2012) pagi.

Kapal bernama Irina itu mengirim sinyal SOS saat berada di posisi 13 mil atau sekitar 24 kilometer dari Kepulauan Kunashir, Rusia timur jauh. Mesin kapal mati, kemudinya patah, dan kapal mulai bocor. Padahal, saat itu laut dalam kondisi bergolak dengan ketinggian gelombang mencapai 3 meter dan angin bertiup kencang.

Kapal pengangkut ikan beku lainnya, Tatarstan, akhirnya tiba di lokasi, tetapi tidak bisa langsung menolong awak Irina karena gelombang laut terlalu tinggi. Namun, Kementerian Keadaan Darurat Rusia akhirnya melaporkan seluruh awak berhasil dipindahkan ke Tatarstan.

Kapal Irina yang sedang mengangkut 500 ton ikan beku di fasilitas lemari pendinginnya itu dilaporkan masih mengapung dan saat ini kapal penyelamat Atlas sedang dalam perjalanan untuk menyelamatkan kapal itu. Atlas diperkirakan baru tiba hari Kamis besok.

Pekan lalu, sebuah kapal nelayan yang diduga berbendera Indonesia juga tenggelam di perairan dekat Pulau Sakhalin, Rusia, menewaskan beberapa awaknya yang terdiri atas warga Rusia dan Indonesia. Sebelum itu, kapal Rusia lainnya terjebak di perairan Laut Ross, Antartika, setelah menabrak gunung es bawah laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com