Kapal Rusia Kembali Bermasalah

Kompas.com - 04/01/2012, 12:25 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com — Sebuah kapal Rusia pengangkut ikan-ikan beku memancarkan sinyal darurat setelah mengalami masalah di tengah lautan yang bergolak di kawasan Rusia timur jauh, Selasa (3/1/2012) malam. Sembilan belas awak kapal tersebut berhasil diselamatkan setelah dipindahkan ke kapal lain yang berada di dekat lokasi, Rabu (4/1/2012) pagi.

Kapal bernama Irina itu mengirim sinyal SOS saat berada di posisi 13 mil atau sekitar 24 kilometer dari Kepulauan Kunashir, Rusia timur jauh. Mesin kapal mati, kemudinya patah, dan kapal mulai bocor. Padahal, saat itu laut dalam kondisi bergolak dengan ketinggian gelombang mencapai 3 meter dan angin bertiup kencang.

Kapal pengangkut ikan beku lainnya, Tatarstan, akhirnya tiba di lokasi, tetapi tidak bisa langsung menolong awak Irina karena gelombang laut terlalu tinggi. Namun, Kementerian Keadaan Darurat Rusia akhirnya melaporkan seluruh awak berhasil dipindahkan ke Tatarstan.

Kapal Irina yang sedang mengangkut 500 ton ikan beku di fasilitas lemari pendinginnya itu dilaporkan masih mengapung dan saat ini kapal penyelamat Atlas sedang dalam perjalanan untuk menyelamatkan kapal itu. Atlas diperkirakan baru tiba hari Kamis besok.

Pekan lalu, sebuah kapal nelayan yang diduga berbendera Indonesia juga tenggelam di perairan dekat Pulau Sakhalin, Rusia, menewaskan beberapa awaknya yang terdiri atas warga Rusia dan Indonesia. Sebelum itu, kapal Rusia lainnya terjebak di perairan Laut Ross, Antartika, setelah menabrak gunung es bawah laut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.