Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Lebih Optimis Hadapi Pemilu Kali Ini

Kompas.com - 04/01/2012, 11:23 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS, Barack Obama, Selasa (2/1/2012), mengatakan, dia sekarang lebih optimis menghadapi pemilu presiden ketimbang empat tahun lalu saat memenangkan kaukus Iowa. Kemenangan dalam kaukus Iowa itu menempatkan dia di jalan kemenangan bersejarah dalam persaingan menuju Gedung Putih.

Tahun 2008, saat masih sebagai senator junior dari Illinois, kemenangan di kauskus Iowa menempatkan Obama pada tawaran menantang, yaitu maju menjadi calon presiden kulit hitam pertama Amerika. Ia merangkai pesannya tentang harapan dan perubahan.

Kali ini, sebagai petahana, ia maju tanpa penantang pada kaukus Partai Demokrat 2012 di Iowa. Namun Obama akan menghadapi persaingan sulit dalam pemilihan presiden pada November mendatang demi memenangkan masa jabatan kedua atas penantangnya dari partai Republik di tengah ekonomi AS yang buram dan angka pengangguran tetap yang tinggi.

Obama berbicara melalui video konferensi dari sebuah hotel di Washington. Ia mengatakan kepada para penonton kaukus Iowa bahwa dirinya makin "beruban" sejak kemenangannya tahun 2008 di negara bagian itu atas Hillary Clinton. Namun ketika ditanya salah seorang warga Iowa, apakah ia masih percaya pada harapan dan perubahan, Obama menjawab, "Dalam beberapa hal, saya sebenarnya lebih optimis sekarang ketimbang saat saya pertama kali maju. Kami sudah melihat perubahan terjadi. Tahun 2012 untuk mengingatkan rakyat Amerika seberapa jauh kita telah berjalan."

Dia menyoroti akhir dari perang di Irak, penandatangan reformasi jaminan kesehatan serta janji untuk membuat pendidikan tinggi jadi lebih terjangkau bagi semua. Ia masih kesal pada masa-masa pertarungan politik di Washington saat agendanya dihadang Partai Republik di kongres. Obama mengecam para saingannya karena mendukung "pemotongan pajak bagi orang-orang terkaya di antara kita". Dia menekankan, "Kami telah melakukan banyak dan kami memiliki lebih banyak hal untuk dikerjakan. Itulah mengapa kami butuh empat tahun lagi."

Jajak pendapat awal terhadap kaukus Partai Republik di Iowa menunjukkan, ada persaingan ketat antara mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney, veteran anggota kongres dari Texas Ron Paul dan mantan senator Rick Santorum. Kemenangan di Iowa dapat memberikan sebuah dorongan besar bagi seorang calon, dan membuka keran pendanaan penting saat mereka menuju ke dalam proses pencalonan selanjutnya. Calon dari Partai Republik yang menang selanjutnya akan dinobatkan dalam konvensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com