Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Berunding, Taliban Buka Kantor di Qatar

Kompas.com - 04/01/2012, 09:38 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Gerilyawan Taliban yang memerangi pasukan Afganistan dan asing pimpinan NATO mengumumkan pada Selasa (3/1/2012), mereka telah bersepakat untuk memiliki kantor di Qatar dan mengadakan dialog untuk merundingkan penyelesaian krisis Afghanistan.

"Kami siap untuk memiliki satu kantor politik luar negeri dan dalam hal ini kita telah mencapai pemahaman awal dengan Qatar, serta tempat-tempat terkait lainnya," kata kelompok itu dalam pernyataan yang dikirim ke media.

Dikatakan bahwa Emirat Islam Afganistan (nama rezim Taliban yang digulingkan) juga menuntut pembebasan tahanan dari pusat tahanan Amerika Serikat di Guantanamo. Beberapa pemimpin kunci dan para komandan Taliban dikatakan telah ditahan di penjara Guantanamo itu.

Taliban dalam pernyataan juga menunjukkan bahwa Emirat Islam Afganistan dan Amerika Serikat adalah dua pihak yang terlibat dalam isu Afganistan selama 10 tahun terakhir.

Pemerintah Afganistan yang didukung badan perdamaian - Dewan Tinggi untuk Perdamaian - menurut laporan media, telah mengusulkan pembebasan pemimpin penting Taliban termasuk Mullah Khairullah dan Mullah Fazal dari Guantanamo sebagai tanda isyarat niat baik untuk mempercepat pembicaraan damai dengan Taliban.

Taliban telah berulang kali di masa lalu menolak tawaran pemerintah Afganistan untuk mengadakan perundingan, dan mengatakan tidak akan ada dialog jika pasukan asing masih berada di negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com