Siap Berunding, Taliban Buka Kantor di Qatar

Kompas.com - 04/01/2012, 09:38 WIB
EditorKistyarini

KABUL, KOMPAS.com - Gerilyawan Taliban yang memerangi pasukan Afganistan dan asing pimpinan NATO mengumumkan pada Selasa (3/1/2012), mereka telah bersepakat untuk memiliki kantor di Qatar dan mengadakan dialog untuk merundingkan penyelesaian krisis Afghanistan.

"Kami siap untuk memiliki satu kantor politik luar negeri dan dalam hal ini kita telah mencapai pemahaman awal dengan Qatar, serta tempat-tempat terkait lainnya," kata kelompok itu dalam pernyataan yang dikirim ke media.

Dikatakan bahwa Emirat Islam Afganistan (nama rezim Taliban yang digulingkan) juga menuntut pembebasan tahanan dari pusat tahanan Amerika Serikat di Guantanamo. Beberapa pemimpin kunci dan para komandan Taliban dikatakan telah ditahan di penjara Guantanamo itu.

Taliban dalam pernyataan juga menunjukkan bahwa Emirat Islam Afganistan dan Amerika Serikat adalah dua pihak yang terlibat dalam isu Afganistan selama 10 tahun terakhir.

Pemerintah Afganistan yang didukung badan perdamaian - Dewan Tinggi untuk Perdamaian - menurut laporan media, telah mengusulkan pembebasan pemimpin penting Taliban termasuk Mullah Khairullah dan Mullah Fazal dari Guantanamo sebagai tanda isyarat niat baik untuk mempercepat pembicaraan damai dengan Taliban.

Taliban telah berulang kali di masa lalu menolak tawaran pemerintah Afganistan untuk mengadakan perundingan, dan mengatakan tidak akan ada dialog jika pasukan asing masih berada di negara itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.