Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minya Mentah Menguat 3,9 Dollar AS

Kompas.com - 04/01/2012, 08:06 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com- Pada akhir perdagangan di bursa Nymex Rabu dinihari (4/1/2012) tadi, harga minyak mentah mengalami kenaikan tajam mencapai posisi tertinggi dalam enam minggu terakhir.

Harga minyak mentah berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Februari mengalami kenaikan signifikan 3, 90 dolar AS atau naik 3,9 persen. Harga minyak mentah berakhir pada posisi 102,73 dolar per barel . Harga minyak mentah sempat mencapai titik tertinggi pada 17 November 2011 yakni pada posisi 102,88 dolar per barel.

Naiknya harga minyak mentah dipengaruhi faktor ekspansi manufaktur Amerika Serikat dan negara-negara di Asia Pasifik pada bulan Desember 2011. Kekhawatiran mengenai sanksi lanjutan yang akan dijatuhkan pada Iran juga menambah dorongan kenaikan di pasar minyak mentah.

Ketegangan di Timur Tengah sangat mempengaruhi harga minyak, apalagi terkait dengan penetapan sanksi terhadap Iran. Iran menyatakan akan membalas memblokade Selat Hormuz apabila negaranya terus ditekan. Kondisi ini memperburuk situasi di Timur Tengah karena Selat Hormuz merupakan jalur penting ekspor minyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com