Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perompakan Digagalkan

Kompas.com - 04/01/2012, 03:04 WIB

Pangkal Pinang, Kompas - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut berhasil menggagalkan perompak, yang membawa lari tongkang pengangkut berbagai mesin, peralatan konstruksi, dan truk. Tongkang berbendera Malaysia itu sekarang ditarik ke Gantung, Belitung Timur.

Komandan Pangkalan TNI AL Bangka Belitung (Babel) Kolonel Laut Umar Arif mengatakan, tongkang Sinhin 6 dirompak pada 28 Desember 2011 di perairan Malaysia. Saat itu, tongkang ditarik kapal tunda Sinhin 5 dan dalam perjalanan dari Pelabuhan Klang, Malaysia, menuju Sarawak.

”Kami menemukan tongkang mengapung di perairan Belitung Timur saat mengejar perompak,” ujarnya, Selasa (3/1), ketika dihubungi dari Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Sebelumnya, tongkang dan kapal tunda Sinhin dirompak di perairan Malaysia. Di tengah jalan, kapal tunda Sinhin 5 beserta 8 awaknya dipisahkan dari tongkang Sinhin 6. Kapal tunda terdampar di sekitar perairan Belitung Timur, sementara tongkang dilarikan oleh perompak.

TNI AL mengerahkan KRI Pattimura dan pesawat patroli untuk memburu perompak. Saat mengejar, tim pemburu menemukan tongkang yang masih mengangkut aneka mesin, peralatam konstruksi, dan truk.

TNI AL bekerja sama dengan polisi melanjutkan perburuan. Apalagi jejak perompak ditemukan masuk ke kawasan hutan Belitung Timur.

Kepala Polres Belitung Timur Ajun Komisaris Besar Edison mengatakan, penyisiran di sekitar lokasi penemuan jejak belum membawa hasil. Maka, dilakukan pengembangan ke kawasan hutan dan permukiman sekitar lokasi itu.

TNI AL dan polisi belum dapat menyimpulkan apakah perompak itu penduduk setempat atau orang asing yang menyusup ke Belitung. (RAZ)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com