Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gembong Kokain Kolombia Tewas Ditembak

Kompas.com - 02/01/2012, 14:16 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

BOGOTA, KOMPAS.com - Kepolisian Kolombia berhasil menyingkirkan satu lagi gembong pemasok kokain di negara itu, Minggu (1/1/2012). Juan de Dios Usuga, ketua geng kriminal Urabenos, tewas ditembak di daerah Choco di Kolombia barat laut, dekat dengan perbatasan Panama.

"Polisi berhasil menyingkirkan Usuga di Choco, ketua Urabenos, dan menangkap beberapa pengikutnya. Awal yang bagus untuk tahun ini," tutur Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos, dalam kicauannya di Twitter.

Urabenos adalah salah satu geng kriminal terbesar di Kolombia. Geng-geng lainnya adalah Los Rastrojos, Los Paisas, dan Las Aguilas Negras.

Usuga dicari pihak berwajib Amerika Serikat atas tuduhan perdagangan narkoba. Aparat keamanan sampai menawarkan hadiah uang 2,5 juta dollar AS (Rp 22,8 miliar) bagi siapa pun yang berhasil menangkap atau menewaskan gembong narkoba itu.

Dia selama ini menjadi pemasok utama kokain bagi geng-geng kriminal di Meksiko. Kolombia adalah salah satu produsen kokain terbesar di dunia. (Reuters/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com