Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis Korsel Dorong Warga Korut Lawan Jong-un

Kompas.com - 01/01/2012, 17:21 WIB
Hindra Liu

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Sekelompok aktivis anti-Korea Utara di Seoul pada hari Minggu (1/1/2012) menyebarkan selebaran yang mengkritik pemimpin baru Utara dan mendesak rakyatnya untuk bangkit melawan rezim komunis. Sekitar 70 aktivis membawa balon gas yang membawa sekitar 50.000 selebaran dan mie instan setelah sebuah aksi damai di Imjingak, Pyongyang, sebuah situs wisata dekat perbatasan utara Seoul.

Selebaran berisi foto mantan pemimpin seperti mantan orang kuat Rumania Nicolae Ceausescu, Saddam Hussein dari Irak, dan Moammar Khadafy dari Libya yang dibunuh atau dieksekusi atau dibunuh oleh pemberontak. "Kami ingin orang-orang di Korea Utara tahu bahwa diktator di belahan dunia lain menghadapi kematian menyedihkan, dan bahwa mereka juga harus bangkit melawan dinasti Kim yang represif," kata pimpinan kelompok tersebut, Choi Woo-won, dilansir AFP.

Selain itu, selebaran tersebut juga menyerukan kepada rakyat Korea Utara dan tentara untuk menghentikan pergantian kekuasaan dinasti Kim yang represif selama tiga generasi, dari Kim Il-Sung, Kim Jong-Il dan Kim Jong-Un. Dinasti Kim telah memerintah negara komunis yang miskin itu dengan tangan besi selama lebih dari enam dekade.

Jong-Un, yang dipercaya baru berusia 28 tahun, diumumkan sebagai pemimpin korut menggantikan ayahnya dan pemimpin lama Korut Kim Jong-Il yang meninggal pada 17 Desember 2011. Partai berkuasa maupun militer sampai saat ini mendukung penuh kepemimpinan Kom Jong-Un.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com