Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru, Jalan Sudirman Sepi

Kompas.com - 01/01/2012, 00:49 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang pergantian tahun, Jalan Sudirman tak sepadat tahun lalu, justru nyaris sepi pengendara bahkan hanya sedkit pejalan kaki berlalu lalang di tepinya.

Biasanya, warga Jakarta yang memilih merayakan tahun baru di Bundaran Hotel Indonesia, menghabiskan waktu pergantian tahun di sepanjang Jalan Sudirman ini. Namun di awal 2012 ini pejalan kaki juga pengendara dapat leluasa melewati jalan utama di pusat kota Jakarta ini. Tak terlihat kemacetan di sana. Rupanya pengalihan jalan dari arah Semanggi menuju HI menyebabkan sepinya Jalan Sudirman.

Sujatmiko, petugas Brigade Motor Polda Metro Jaya mengatakan jalur cepat arah ke HI dari Plaza Semanggi ditutup sejak pukul 10.30. "Arah ke HI sementara ditutup karena kepadatan arus mulai terjadi dari kawasan Tosari. Mereka yang terjebak di Tosari nekat melawan arus untuk kembali ke arah sebaliknya, ini berbahaya," jelas Jatmiko kepada Kompas.com yang masih berjaga di kawasan Setiabudi pada pukul 00.15.

Menurut Sujatmiko, arus lalu lintas sengaja dialihkan dari Semanggi menuju daerah timur ke arah Cawang dan barat ke arah Tomang untuk mengurai kepadatan arus. "Arah ke HI sebenarnya masih dibuka, tapi khusus di jalur lambat," tambahnya.

Pedagang minuman yang biasa berjualan sepanjang malam pergantian tahun mengeluhkan kondisi yang tak lazim ini. "Biasanya pada jam ini jalan macet dan banyak pembeli, sekarang sepi," aku salah satu penjual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

    Terpopuler

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com