Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Rayakan Tahun Baru? Ini Tipsnya...

Kompas.com - 30/12/2011, 20:35 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Akhir tahun bingung mau ke mana? Bosan hanya melihat kembang api di pusat keramaian tempat Anda tinggal? Ibarat bagi orang Jakarta, Monas lagi Monas lagi. Cobalah beberapa alternatif tempat wisata lainnya untuk bertahun baru.

Berkemah di gunung. Carilah gunung terdekat dan lakukan hiking. Kemudian berkemah dan nantikan matahari pertama di tahun baru pada ketinggian. Menyambut tahun baru di tengah alam terbuka dan pepohonan hijau akan memberikan kesan mendalam yang akan selalu Anda ingat.

Bulan Desember di pegunungan memang biasanya berkabut dan agak sulit melihat matahari terbit. Namun, selalu ada berkas cahaya dari balik kabut untuk menandakan hari yang baru. Langit gelap berubah menjadi terang seakan menyambut asa baru di tahun yang baru.

Carilah gunung atau bukit yang memang sudah ada kenal medannya. Jika Anda masih asing berkemah di gunung, minta bantuan porter yang biasanya tersedia di kaki gunung. Porter akan membantu Anda dengan perbekalan sampai pembuatan kemah. Jika Anda tinggal di kawasan Jakarta dan sekitarnya, bisa pilih Gunung Gede Pangrango atau Gunung Bunder.

Tepi Pantai. Sambut matahari pertama perlahan muncul di cakrawala. Bisa saja jika Anda ingin berkemah di tepi pantai. Namun, datang saat subuh sebelum matahari terbit pun tidak masalah.

Tak perlu jauh-jauh, datang saja ke pantai terdekat dari tempat Anda tinggal. Namun jika memang tempat Anda tinggal memakan waktu yang lama untuk menuju pantai, maka perhitungkan waktu apakah Anda perlu menginap di kota tempat pantai itu berada atau tidak.

Jika perlu menginap, pastikan Anda mendapatkan kamar. Sebab, di tahun baru, hotel di tempat-tempat wisata pantai selalu ramai. Jika memungkinkan cari pantai yang bukan tempat wisata yang populer atau membawa peralatan camping bisa menjadi alternatif.

Pilih juga pantai yang menghadap ke timur, sehingga Anda bisa menyaksikan matahari terbit. Jika Anda tinggal di Jakarta, Kepulauan Seribu bisa menjadi alternatif Anda melihat matahari terbit.

Menginap di hotel. Hotel-hotel berbintang dari kelas 3 sampai 5 biasanya menjual paket perayaan Tahun Baru berupa pertunjukan musik dan makan malam. Beberapa paket termasuk dengan harga kamar untuk menginap satu atau dua malam.

Harga pun sangat bervariatif. Apalagi jika musik yang ditampilkan menghadirkan artis ternama, maka harga pun lebih mahal. Adapula pesta kembang api dan barbeque. Anda bisa menemukan berbagai penawaran menarik dengan harga bermacam-macam tergantung bujet yang Anda miliki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com