Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Menu "Koleksi Nokia" di Toko Aplikasi Windows Phone

Kompas.com - 30/12/2011, 17:17 WIB

KOMPAS.com — Setelah CEO Nokia Stephen Elop dan CEO Microsoft Steve Ballmer menyatakan sepakat untuk menjalin kemitraan pada Februari 2011, Nokia mulai fokus menggunakan Windows Phone di produk smartphone mereka. Produk bersama pertama tersebut adalah Nokia Lumia 800.

Kerja sama ini juga menegaskan upaya Microsoft dan Nokia berkolaborasi dalam pengembangan aplikasi. Hasilnya telah terlihat dengan hadirnya menu khusus Nokia Collection pada toko aplikasi Windows Marketplace di ponsel Nokia Lumia.

Pada menu tersebut terlihat ada lima aplikasi, yaitu Nokia Maps, Contacts Transfer, WRC Live, TuneIn Radio, dan App Highlights.

Nokia Collection tersebut disediakan secara eksklusif oleh Microsoft untuk Nokia. Integrasi ini tidak berlaku bagi produsen Windows Phone lainnya, seperti LG, Samsung, dan HTC.

Sesuai dengan kesepakatan antara Nokia dan Microsoft yang dipublikasikan secara terbuka kepada publik di dokumen berikut yang bisa dibaca di tautan ini, simbiosis mutualisme akan terjadi di antara keduanya. Aplikasi Nokia akan bisa dijual ke pasar Microsoft, dan begitu pula sebaliknya, konten dan aplikasi Microsoft akan memasuki pasar Nokia.

Setelah pameran CES pada bulan Januari 2012 ini, Nokia akan memasuki pasar Amerika Serikat dengan mengeluarkan serangkaian prototipe produk-produk terbaru Windows Phone hasil integrasi dengan Microsoft.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com