Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WNI yang Tewas di Somalia Seorang Dokter

Kompas.com - 30/12/2011, 11:38 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com — Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang dikabarkan tewas dalam serangan penembakan di Somalia, Kamis (29/12/2011), bernama Andrias Karel Keiluihu (44). Andrias adalah seorang dokter yang bekerja pada organisasi bantuan medis internasional Medecins Sans Frontiers (MSF). Kepastian itu disampaikan MSF melalui situsnya, www.msf.org. MSF menyebutkan, Andrias, yang biasa disapa Kace, sudah bekerja untuk lembaga tersebut sejak tahun 1998.

Selain Kace, terdapat pula seorang warga negara Belgia bernama Philippe Havet (53). Keduanya tewas saat terjadi serangan penembakan di markas mereka di Mogadishu, Somalia. Philippe adalah seorang koordinator yang telah bertugas di sejumlah negara. Adapun Kace, sebelum bertugas di Somalia, pernah ditugaskan di Etiopia dan Thailand.

MSF menyatakan duka yang mendalam atas tewasnya dua tenaga medis ini.

"Kami sangat berduka dengan peristiwa ini, serta akan sangat merindukan Philippe dan Kace. We are deeply shocked by this tragic event and we will greatly miss Philippe and Kace. Simpati dan dukacita kami kepada keluarga dan rekan-rekan," demikian seperti dirilis dalam situs web MSF.

Sebelumnya, seperti dilansir AFP, warga Indonesia yang dilaporkan ditembak mengalami luka parah di bagian paha. Peluru yang menembus paha menimbulkan pendarahan hebat sehingga ia tak tertolong.

"Korban kedua meninggal di rumah sakit ketika dokter mencoba untuk menyelamatkannya," ungkap Dumiya Ali, Deputi Direktur RS Medina, kepada AFP.

Pasukan keamanan Somalia telah menangkap pria yang melakukan penembakan. Seorang polisi mengidentifikasi penyerang sebagai karyawan MSF Somalia yang mungkin baru dipecat. 
    
MSF menyatakan, peristiwa penembakan itu terjadi di dalam markas mereka di Mogadishu. Staf lokal MSF mengatakan bahwa pria bersenjata itu, seorang staf logistik, sempat berselisih dengan perusahaan. Ia kembali dengan membawa senjata ke bangunan itu pada hari Kamis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com