Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Gagal, Euro Kian Merosot

Kompas.com - 30/12/2011, 08:09 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com — Euro anjlok ke posisi terendah dalam 15 bulan terakhir terhadap dollar AS, seiring gagalnya penjualan obligasi Italia. Imbal hasil obligasi Italia naik karena negara tersebut tidak berhasil menjual obligasinya sesuai target. Hal ini menandakan kesulitan pendanaan di tengah-tengah krisis utang yang mendera Eropa.

Euro sempat mencapai posisi 1,2858 dollar AS, kemudian naik 0,2 persen menjadi 1,2961 pada pukul 17.00, Kamis (29/12/2011) waktu New York. Ini level terendah sejak 14 September 2010. Euro pun merosot 0,2 persen menjadi 100,63 yen. Bahkan, sempat mencapai 100,06 yen. Nilai tukar tersebut merupakan level terendah sejak Juni 2001. Sementara itu, yen menguat 0,4 persen menjadi 77,64 per dollar AS.

"Lelang obligasi Italia sedikit di luar dugaan," ujar Nick Bennenbroek, Kepala Strategi Mata Uang Wells Fargo Co, di New York, Kamis waktu setempat.

Ia mengatakan, fakta bahwa imbal hasil obligasi Italia bertenor 10 tahun tidak turun dan Italia menjual kurang sedikit dari targetnya telah mendorong penjualan euro. Tidak hanya karena Italia, merosotnya euro terhadap yen terjadi seiring kekhawatiran yang meningkat bahwa Bank Sentral Eropa akan menyuntik dana lebih banyak ke sistem finansial demi menghindari terhambatnya penyaluran kredit karena krisis utang di wilayah tersebut.

Sementara itu, penguatan dollar AS dan yen terjadi karena meningkatnya permintaan untuk aset yang lebih aman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com