Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Dekat Microsoft, Nokia Pindahkan Kantor ke AS?

Kompas.com - 27/12/2011, 14:06 WIB

KOMPAS.com - Belakangan ini beredar rumor bahwa CEO Nokia Stephen Elop, akan memindahkan kantor pusat Nokia dari Finlandia ke Amerika Serikat (AS). Namun, rumor itu dibantah oleh Elop.

Elop mengatakan, kantor pusat Nokia akan tetap berada di pinggiran kota Helsinki di Espoo, Finlandia. "Selama saya masih menjabat sebagai CEO, kantor pusat Nokia tetap di Espoo. Itu rumah kami, kami merasa memilikinya," tegas Elop, pekan lalu.

Rumor itu berkembang karena beberapa alasan. Pertama, Elop berasal dari Kanada. Ia merupakan CEO Nokia pertama yang bukan berasal dari Finlandia.

Kedua, Elop punya hubungan dekat dengan perusahaan software raksasa asal AS, Microsoft. Sebelum pindah ke Nokia, Elop menjabat sebagai Presiden Divisi Bisnis Microsoft.

Hanya beberapa bulan menjadi CEO Nokia, Elop membantu mempermudah kesepakatan antara Nokia dan Microsoft dalam penyediaan platform bersistem operasi Windows Phone. Langkah ini dikhawatirkan dapat membunuh sistem operasi Symbian besutan Nokia. Kedekatan Elop dengan Microsoft ini memunculkan spekulasi bahwa Nokia akan diakuisisi oleh Microsoft.

Alasan yang ketiga, sejak Elop menjabat sebagai CEO pada September 2010, ia melayangkan surat pemberhentian kerja kepada ribuan karyawan Nokia di Finlandia, sebagai upaya mengembalikan kondisi perusahaan yang lesu.

Langkah-langkah Elop semakin memunculkan spekulasi bahwa Nokia akan diakuisisi. Apalagi, rumor itu berkembang di tengah proses akuisisi Motorola Mobilitiy oleh Google dan keterpurukan Research In Motion (RIM) yang sedang ditekan para investor untuk menjual perusahaan atau mengganti para eksekutifnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com