Hamas Desak Liga Arab Cabut Blokade Gaza

Kompas.com - 27/12/2011, 12:29 WIB
EditorLatief

KAIRO, KOMPAS.com - Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, menyerukan kepada Liga Arab untuk mendesak Israel mencabut blokade di Jalur Gaza. Haniyeh menyatakan seruan itu setelah mengadakan perbincangan dengan Sekretaris Jenderal Liga Arab, Nabil al-Arabi, di Kairo, Mesir, Senin (26/12/2011).

"Kami ingin mengingatkan resolusi yang disepakati Liga Arab," kata Haniyeh kepada wartawan.

Dia mengatakan, Hamas perlu bertemu Liga Arab untuk memulai langkah-langkah praktis dalam mendesak resolusi ini.

"Agar masyarakat Palestina di Gaza bisa merasakan, bahwa dicabutnya blokade itu karena kerjasama Arab dan Palestina," kata Haniyeh.

Sementara itu, Arabi sendiri menegaskan kembali, bahwa rekonsiliasi Hamas dan Fatah sudah di jalur yang benar. Untuk itu, Liga Arab perlu mengekspresikan dukungannya untuk segala isu terkait Palestina di Jalur Gaza.

"Kami mendukung Palestina di segala lini, apakah itu terkait serangan teroris, atau blokade  Gaza yang membuat menderita cukup lama," kata Arabi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.