Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Beli Pesawat Pengintai Perancis

Kompas.com - 26/12/2011, 10:41 WIB
M.Latief

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan akan membeli dua pesawat pengintai dari Perancis yang mampu menyadap pesan radio dan melacak luncuran rudal dari Korea Utara.

Juru bicara dari Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korsel di Seoul, Senin (26/12/2011), mengatakan, Falcon 2000, pesawat pengintai itu, kemungkinan akan dibeli dari perusahaan pesawat Dassault pada 2017 nanti. Pesawat buat Perancis itu akan dipersiapkan sebagai pengganti pesawat-pesawat pengintai Korsel yang sudah uzur, termasuk jenis RC-800 buatan pabrik pesawat Ryatheon dari Amerika Serikat (AS).

"Dibandingkan dengan RC-800, Falcon 2000 memiliki daya jangkau lebih jauh dan bisa membawa lebih banyak peralatan," ujar juru bicara itu.

Adapun Korsel selama beberapa tahun ini menyukai peralatan tempur dari AS, seperti yang telah mereka lakukan sejak 1950-1953, yaitu pada masa-masa Perang Korea, untuk menahan agresi Korut. Dalam upaya mengurangi besarnya ketergantungan mereka terhadap pabrikan AS, akhir 2012 nanti Korsel juga akan membeli empat pesawat survey baru dari Boeing.

Seperti diketahui, pesawat modifikasi pertamanya, Boeing 737 Airborne Early Warning and Control (AEW& C), telah dikirim ke angkatan udara Korsel tahun ini. Pesawat tersebut mampu melacak musuh, baik di udara dan di laut secara simultan dan bisa langsung terlibat pertempuran dengan jet-jet maupun kapal-kapal laut pembom milik musuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com