Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semoga Kita Dapat Membawa Kedamaian...

Kompas.com - 25/12/2011, 10:33 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Natal membawa pesan tersendiri bagi umat Kristiani yang merayakannya. Pastor Kepala Paroki Gereja Katedral Brata Kartana berharap, Natal tahun ini dapat menciptakan perdamaian di seluruh penjuru bangsa. Setiap umat, diharapkan mampu menyebarkan kedamaian ke sekitarnya.

"Kehadiran kita bukan menakutkan, mengancam, tapi membawa ketenangan, damai, persatuan," kata Brata di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (25/12/2011).

Khusus di Indonesia, Brata berharap agar setiap warga negara mengedepankan ke-Indonesia-an mereka sebelum menonjolkan identitas keagamaan masing-masing. Sebagai minoritas di Indonesia, katanya, umat Kristiani selalu ingin bekerja sama dengan umat agama lain. Dia juga menyayangkan adanya pihak-pihak yang membesar-besarkan penolakan pembangunan gereja di sejumlah daerah di Indonesia.

"(penolakan) Itu sejak zaman sudah begitu, bukan sesuatu yang baru kalau ada yang fanatik, merasa yang paling baik, di mana pun ada. Ada yang merasa satu-satunya agama yang benar adalah agamanya itu dimana pun selalu ada. Tidak perlu dirisaukan, dibesar-besarkan. Semakin dibesar-besarkan justru makin buat lumpuh," paparnya.

Secara pribadi, Pastor Brata juga berharap, Indonesia dapat lebih baik ke depannya. Setiap warga negaranya memperoleh "keselamatan" baik secara ekonomi maupun sosial.

"Orang-orang kita ke luar negeri, jadi TKW, mereka mencari kebebasan, keselamatan, itu bentuk orang ingin cari keselamatan, harus ke sana arahnya. Keselamatan makin dirasakan banyak orang," katanya.

Keselamatan tersebut dapat berupa kesempatan bekerja, kebebasan beragama, dan tidak ada lagi penindasan.

"Tidak ada yang menumpuk kekayaan dengan korupsi, karena itu milik rakyat. Semakin banyak korupsi makin banyak rakyat menderita," kata Brata.

Pada perayaan Natal tahun ini, Gereja Katedral mengusung tema "Ekaristi, Sumber Berkat dalam Keluarga". Setiap orang, diharapkan dapat membawa manfaat bagi kehidupan keluarganya.

"Semoga ibadah memiliki nilai-nilai bagi kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com