Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket wisata ke Timur Tengah dan Eropa Laris

Kompas.com - 24/12/2011, 19:19 WIB
Siwi Yunita Cahyaningrum

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Paket wisata ke luar negeri laris manis di akhir tahun ini. Selain liburan, masyarakat memanfaatkan nilai tukar dolar yang rendah saat ini. Eropa, dan Asia menjadi tujuan favorit pelancong.

Biro perjalanan wisata Antratour pada libur Natal dan Tahun Baru ini memberangkatkan delapan group tur ke Eropa dan Asia. Jumlah itu meningkat empat kali lipat dibandingkan dengan bulan-bulan biasa.

Negara-negara yang dikunjungi meliputi Belanda, Prancis, Inggris, Swiss di Eropa, serta Korea Selatan di Asia.

"Mereka berangkat bersama-sama dengan keluarga dan merayakan Natal serta Tahun Baru di negara tujuan," kata Carissa, staf bagian tour and travel Antratour, Kamis (22/10/2011).

Marta Clementina staf tur Biro Perjalanan Vayatour, mengatakan, biro perjalanan banyak menawarkan paket-paket wisata. Penawaran itu sudah dipromosikan sejak empat bulan lalu.

"Kalau dalam negeri kami menawarkan paket free and easy, jadi tiket perjalanan dan hotel saja. Kalau luar negeri Asia dan Eropa jadi favorit," katanya.

Menguatnya nilai rupiah terhadap dolar AS sejak dua tahun lalu, memang membuat wisatawan Indonesia tertarik untuk menghabiskan liburan di luar negeri.

Candra Barkah, warga Tangerang, yang hendak berangkat liburan ke Taiwan, mengatakan, dengan tingginya nilai tukar rupiah saat ini, ongkos liburan jadi lebih murah.

"Tiket pesawat ke Taiwan pulang pergi hanya 665 dolar AS. Jika dirupiahkan Rp 5,9 juta. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan dengan tahun 2009 lalu. Saat itu, dengan tarif dolar hampir sama kami harus membayar Rp 6 juta lebih," kata Candra, saat memesan tiket pesawat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com