Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Kembali Sukses Uji Rudal Bulava

Kompas.com - 24/12/2011, 09:33 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia kembali menguji coba rudal balistik antar benua yang diluncurkan dari kapal selam (submarine launched ballistic missile/SLBM) Bulava, Jumat (23/12/2011). Ini adalah uji peluncuran ke-18 yang diumumkan resmi oleh pihak Rusia.

Juru bicara Kementerian Pertahananan Rusia, Kolonel Igor Konashenkov, mengatakan, rudal tersebut diluncurkan dari kapal selam bertenaga nuklir kelas Borey, Yury Dolgoruky, dari Laut Putih, Rusia barat laut, dan berhasil mengenai sasaran di Kura, Semenanjung Kamchatka di tepi Samudera Pasifik, yang berjarak sekitar 6.000 kilometer.

Rudal Bulava (SS-NX30) bisa membawa 10 hulu ledak nuklir yang bisa diprogram untuk mengenai sasaran yang berbeda-beda dan memiliki daya jelajah lebih dari 8.000 kilometer. Rudal balistik dengan roket tiga tingkat ini dirancang khusus untuk ditembakkan dari kapal selam kelas Borey.

Dari 18 uji coba Bulava, kantor berita RIA Novosti menyebutkan, hanya 11 yang sukses. Namun, para pengamat militer menduga angka kegagalan sesungguhnya lebih tinggi dari itu. Pengamat militer Rusia Pavel Felgengauer mengatakan, dari 12 uji peluncuran pertama Bulava, hanya satu yang benar-benar sukses.

Pihak militer Rusia menyalahkan kegagalan ini pada kesalahan pada proses pembuatan. Namun, militer menyatakan tak ada alternatif SLBM lain untuk melengkapi armada masa depan Rusia selain rudal Bulava. (RIA Novosti/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com