Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas dan Jihad Islam Bergabung ke PLO

Kompas.com - 24/12/2011, 03:55 WIB

GAZA, KOMPAS.com — Hamas dan Jihad Islam telah bergabung dalam Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), satu-satunya wakil sah rakyat Palestina di arena internasional. Didirikan pada tahun 1964, PLO memiliki status pengamat PBB dan terdiri dari sepuluh anggota gerakan dengan Fatah menjadi kekuatan politik utama.

Sepanjang 24 tahun sejarahnya, Hamas telah menolak untuk bergabung atau mengakui organisasi itu dan status internasionalnya. Para pemimpin kelompok politik Palestina, termasuk Hamas dan Fatah, sepakat pada Kamis untuk mengambil bagian dalam "mengaktifkan dan merekonstruksi" PLO.

"Kami sekarang dalam tahap dialog nasional," kata pemimpin Jihad Islam Khaled Al-Batsh Ma'an. "Kami dalam kerangka kepemimpinan sementara, yang akan menangani restrukturisasi PLO, dan kami berharap akan berhasil," lanjut dia.

Prakarsa Nasional Palestina (PNI), gerakan politik membela demokrasi sosial dan sekularisme serta mengaku dirinya sebagai satu kekuatan ketiga demokrasi lawan Fatah dan Hamas, juga bergabung dengan PLO. Kepala PNI Mustafa Barghouthi menyebut hal itu merupakan hari bersejarah dalam kehidupan rakyat Palestina dengan pengembangan kepemimpinan nasional.

Israel mengecam langkah itu sebagai satu lagi kendala dalam proses perdamaian. Mark Regev, juru bicara Perdana Menteri Israel, mengatakan bahwa jika pemimpin Palestina Mahmud Abbas merangkul Hamas berarti dia berjalan menjauh dari perdamaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com