Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tahap Menurunkan Berat Badan dengan Muaythai

Kompas.com - 23/12/2011, 12:48 WIB

KOMPAS.com - Berlatih fisik dengan olah raga bela diri Muaythai secara intens dapat membakar 700-1200 kalori. Gerakan Muaythai yang diintegrasikan dengan latihan kardiovaskular juga bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, tentunya untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu berkonsultasi dengan ahli nutrisi untuk menjaga pola diet, serta menggunakan jasa personal trainer yang memastikan setiap gerakan dilakukan dengan baik dan benar.

Nano Oerip, Fitness Expert dari Fitness First Indonesia menjelaskan ada empat tahapan yang harus dilalui, termasuk mengintegrasikan gerakan Muaythai dengan latihan kardio untuk menurunkan berat badan.

1. Langkah pertama, lakukan latihan aerobik selama 10 menit sehari seperti berjalan santai. Tingkatkan menjadi 30 menit per hari selama lima kali seminggu. Ini akan membentuk dasar kebugaran dan kemampuan aerobik di tubuh Anda.

2. Langkah kedua, makan makanan yang bergizi seimbang dan sehat untuk memastikan tubuh Anda memiliki bahan bakar dan pemulihan yang dibutuhkan sebelum, selama, dan setelah latihan. Jangan lupa minum air putih yang cukup.

3. Langkah ketiga, integrasikan teknik Muaythai ke dalam sesi kardio Anda hingga lima kali per minggu. Ini akan memberikan Anda kemampuan melakukan gerakan dasar dan mengkondisikan tubuh Anda lebih baik untuk sesi Muaythai. Kondisi tubuh yang baik juga membantu proses pembakaran dan defisit kalori.

Menurut Nano, "shadow boxing" adalah hal penting dalam berlatih Muaythai dan membentuk teknik dan dasar yang baik sebelum mengikuti latihan dengan teknik yang lebih sulit. Tambahkan push-up, body squat, latihan core, berlari di tempat, dan lompat tali di antara gerakan-gerakan Muaythai untuk menambah variasi dan meningkatkan intensitas dari keseluruhan pelatihan.

Nano menjelaskan, boxing sebagai latihan kardio dapat membakar 735-838 kalori per jam saat berlatih dengan lawan. Sementara latihan aerobik secara umum membakar 531-605 kalori per jam. Untuk mengurangi satu kilogram lemak tubuh dibutuhkan defisit sebanyak 3500 kalori.

Jadi, kata Nano, dengan melakukan segmen latihan secara bergiliran akan membakar banyak kalori untuk membantu menurunkan berat badan dengan hasil yang tentunya berbeda bagi setiap individu.

4. Langkah keempat, istirahat dan pemulihan menjadi bagian penting dari proses menurunkan berat badan. Untuk itu pastikan Anda tidur dan istirahat yang cukup supaya tubuh kembali pulih dan beradaptasi dengan pelatihan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com