Forum Pariwisata ASEAN Digelar di Manado

Kompas.com - 23/12/2011, 08:37 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com -- Para menteri pariwisata dari negara-negara ASEAN akan bertemu dalam ASEAN Tourism Forum (ATF), akan digelar di Manado, Sulawesi Utara, 8-15 Januari 2012. Pada waktu yang sama juga digelar pameran dan bursa pariwisata atau Travex (Travel Exchange), yang mempertemukan para buyers dan sellers pariwisata ASEAN dan mancanegara.

"Penyelenggaraan ATF 2012 kali ini diadakan di Manado, karena kota ini merupakan salah satu destinasi MICE (Meeting, Inventive, Convention dan Exhibition) kelas dunia," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, Jumat (23/12/2011) di Jakarta.

Sapta mengatakan, pertemuan para menteri pariwisata ASEAN dalam ATF 2012 dijadwalkan berlangsung di Grand Kawanua Convention Center Manado pada 13 Januari 2012. Pertemuan akan mengangkat tema "ASEAN Go Green". Selain para menteri pariwisata dari 10 negara ASEAN akan hadir para pejabat pariwisata dunia antara lain Secretary General UN-WTO, President of Aspac, dan CEO of PATA, yang akan menjadi pembicara.

Sementara itu kegiatan Travex akan diikuti 400 buyers dari mancanegara, 900 sellers, dan 100 media internasional. Hingga 19 Desember ada 1.343 peserta yang sudah konfirmasi kehadiran. Dengan rincian 383 buyers, 886 sellers dan 74 media internasional. Kemenparekraf memprediksi peserta ATF berjumlah sekitar 1.450 yang terdiri dari 400 buyers, 950 sellers dan 100 media.

Para buyers berasal dari ASEAN, Asia, Aspac, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika, sedang para sellers berasal dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Philipina, dan Thailand. Adapun media internasional akan datang dari negara ASEAN, Asia-Pasifik, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika.

Indonesia pernah menjadi tuan rumah konferensi ATF di Bandung (1986), Jakarta (1991), dan Yogyakarta (1996).

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.