"Pejabat adalah Pelayan Sejati Rakyat"

Kompas.com - 20/12/2011, 09:05 WIB
EditorKistyarini

PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara Kim Jong Il, yang meninggal dunia pada Sabtu (17/12/2011), tampil di depan publik untuk kali terakhir  di supermarket di Pyongyang, Kamis (15/12/2011), menurut surat kabar Korea Selatan Chosun Ilbo.

Dalam sebuah foto yang dilaporkan diambil pada kunjungan itu, Kim tampak menuruni eskalator di supermarket yang menurut Chosun Ilbo merupakan supermarket pertama di Utara.

Harian itu mengatakan, kunjungan itulah yang dirujuk media pemerintah sebagai bagian dari "tur pengarahan lapangan" terakhir yang dilakukan pemimpin berusia 69 tahun itu.

Dalam foto itu tampak bahwa sang putra mahkota, Kim Jong Un berada dalam rombongan tersebut. Begitu juga dengan adik Kim Jong Il, Kim Kyong Hui, berdiri tepat di belakang sang pemimpin. Sementara suami Kim Kyong Hui, Jang Song Thaek, berdiri dua baris di belakang Jong Un.

Kantor berita pemerintah Korean Central News Agency (KCNA) menyebut, supermarket itu sebelumnya merupakan department store yang "direnovasi atas inisiatif dan perhatian yang ditunjukkan oleh Kim Jong Il kepada kesejahteraan rakyat dan peningkatan standar hidup mereka".

Menurut KCNA, Kim mengunjungi supermarket itu dan melihat-lihat produk-produk yang dijual serta rencana penjualan. "Ini merupakan kehendak dan itikad yang kuat dari Partai untuk menyediakan yang terbaik bagi rakyat," ujar Kim, seperti dikutip KCNA.

"Para pejabat harus menjadi pelayan sejati bagi rakyat, yang menyediakan barang-barang bagus bagi mereka (pejabat) dan mengkhawatirkan kehidupan mereka ketimbang hal-hal lain," kata Kim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.