Korsel Bisa Terpuruk lantaran Korut Labil

Kompas.com - 19/12/2011, 18:52 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Dugaan ketidakstabilan Korea Utara (Korut) pascakematian pemimpin Kim Jong-il bisa membuat Korea Selatan (Korsel) terpuruk. Paling tidak, menurut warta AFP pada Senin (19/12/2011), peringkat kredit Negeri Ginseng, bakal terpengaruh, sebagaimana peringatan lembaga pemeringkat utang Standard & Poor.

Kematian Kim Jong-il telah meningkatkan risiko keamanan di semenanjung Korea. Akan tetapi, peringkat utang Korea Selatan  "A"dalam mata uang asing dan "A" dalam mata uang lokal tidak terpengaruh dalam jangka pendek, kata lembaga itu dalam sebuah pernyataan.
   
"Akibat sementara kematian Kim Jong-Il telah mengangkat ketidakpastian di semenanjung Korea, kami percaya bahwa kelayakan kredit Korea Selatan masih akan sedikit berubah jika suksesi kepemimpinan Korea Utara berjalan mulus," katanya.
   
"Namun, risiko keamanan dan stabilitas politik di Korea Utara bisa memburuk dengan cepat jika suksesi politik tidak lancar," imbuh lembaga itu.
   
"Korea Selatan dapat mengalami implikasi keamanan dan keuangan yang merugikan sebagai akibatnya. Jika cukup serius, kelayakan kredit dari Korea Selatan dapat terpengaruh menjadi negatif," kata lembaga itu lagi.
   
Pengumuman resmi dari media pemerintah Korea Utara, Senin mengatakan, Kim telah meninggal pada Sabtu dalam usia 69 karena serangan jantung dan membuat jelas bahwa anak bungsunya, Jong-Un, adalah pewarisnya.
   
Berita itu segera mengirim indeks saham KOSPI sempat jatuh hampir lima persen dan won merosot terhadap dollar AS karena para pedagang khawatir atas ketidakpastian di Utara yang memiliki senjata nuklir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.