Perundingan Korut-AS Tertunda

Kompas.com - 19/12/2011, 16:12 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Kematian pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-il sudah dipastikan menunda perundingan nuklir negeri itu dengan Amerika Serikat. Padahal, sebagaimana warta Yonhap pada Senin (19/12/2011), sesuai rencana, pekan ini, Beijing menjadi tuan rumah perundingan tersebut.

Seorang pejabat Korea Selatan (Korsel) yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan,"Sulit bagi kedua pihak untuk mengadakan pembicaraan di Beijing pekan ini lantaran kematian Kim Jong-il."

Andai terlaksana, pertemuan di Beijing pada Kamis (22/12/2011) ini, adalah pertemuan putaran ketiga kedua pihak. Isi pembicaraan adalah cara-cara melanjutnkan perundingan enam negara mengenai program senjata nuklir Korut. Pertemuan pihak-pihak itu memang sudah lama terhenti,

Media pemerintah Korut mengumumkan pada Senin siang bahwa Kim Jong-Il, 69 tahun, meninggal pada Sabtu. Kementerian luar negeri Korsel dengan segera menempatkan semua misi di luar negerinya dalam status tanggap darurat sejak kematian Kim, kata para pejabat.
   
Wakil Pertama Menteri Luar Negeri Taman Suk-hwan sedang memimpin pertemuan darurat guna membahas tanggapan diplomatik Seoul setelah kematian Kim, kata pihak Korut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.