Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi 16 ABK WNI Kapal Karam di Antartika Baik

Kompas.com - 18/12/2011, 19:23 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar RI untuk Selandia Baru Agus Sriyono memastikan ke-16 warga negara Indonesia yang bekerja sebagai anak buah kapal nelayan Rusia, Sparta, dalam kondisi baik dan selamat setelah kapal tempat mereka bekerja itu karam dan terjebak di perairan Antartika.

"Namun proses penyelamatan masih belum bisa dilakukan walau ada dua kapal penyelamat sudah berhasil mendekati lokasi karam. Kami terus berkoordinasi dengan tim penyelamat pemerintah Selandia Baru, bahkan setiap jam. Kabar terakhir, makanan dan kebutuhan di atas kapal masih cukup," ujar Agus saat dihubungi per telepon, Minggu (18/12/2011).

Menurut Agus, baru Rabu besok diperkirakan sudah ada kabar kepastian apakah seluruh awak kapal harus dievakuasi keluar dari kapal atau mereka bisa terus mengoperasikan kapal yang karam akibat tertabrak gunung es tadi keluar dari sana.

Saat ini sudah ada dua kapal pemecah es yang telah dikerahkan menuju lokasi karam. Pemerintah Selandia Baru juga telah menerbangkan satu pesawat jenis Hercules C-130 untuk mengedrop bantuan pompa-pompa air untuk mengeluarkan air yang masuk akibat lubang yang ada di kapal setelah bertabrakan dengan gunung es.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com