Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Cahaya Indah I Karam, Tujuh ABK Selamat

Kompas.com - 18/12/2011, 13:30 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kapal laut Cahaya Indah tenggelam dalam pelayaran dari Makassar menuju Balikpapan. Tujuh anak buah kapal itu ditemukan selamat oleh ABK kapal Pertamina MT Karmila.

Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina (Persero) Mochamad Harun menyampaikan hal itu dalam siaran pers, Minggu (18/12/2011), di Jakarta.

Menurut Harun, pada 16 Desember 2011, pukul 19.00 WITA, MT Karmila lepas sandar dari jetty oil 5B Balikpapan dengan tujuan Makassar. Saat melintas di Selat Makassar sekitar pukul 09.00 WITA dari Tg Rangas Mamuju, Nakhoda Kapal MT Karmila dan Mualim Jaga melihat serpihan kayu dan tumpahan minyak yang mengapung.

Di depan haluan kapal terlihat orang yang melambaikan tangan dan mengangkat pelampung di atas sebuah rakit drum plastik.

Sepuluh menit kemudian, anak buah kapal (ABK) MT Karmila dan Muallim melihat  tujuh orang, yang kemudian diketahui sebagai ABK Kapal Cahaya Indah I, berusaha menyelamatkan diri.

Para awak kapal MT Karmila kemudian menyelamatkan ketujuh ABK kapal Cahaya Indah I. Tujuh korban selamat itu kemudian dievakuasi menuju Pelabuhan Makassar untuk dilakukan pemeriksaan dan mendapat pertolongan lebih lanjut.

Menurut keterangan Nakhoda MT Karmila dan ABK KLM Cahaya Indah I, diketahui kapal tersebut tenggelam pada 17 Desember, pukul tiga WITA. Tenggelamnya Kapal Cahaya Indah I yang berlayar dari Makassar ke Balikpapan itu disebabkan cuaca buruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com