Kelas Menengah Indonesia Gairahkan Industri Pariwisata

Kompas.com - 18/12/2011, 09:11 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertumbuhan kelas menengah di Indonesia menjadi angin segar bagi industri pariwisata. Peningkatan daya beli mereka membuat pengeluaran rumah tangga mereka bertambah pula, tidak lagi sebatas pada kebutuhan primer, tetapi sudah melangkah ke kebutuhan sekunder, bahkan tersier.

Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Asnawi Bahar kepada Kompas, Minggu (18/12/2011), mengatakan, tahun peningkatan jumlah wisatawan Nusantara sangat pesat. "Hampir semua tujuan wisata mengalami peningkatan. Ini jelas menguntungkan bagi industri pariwisata," katanya.

Tidak hanya berkutat ke wisata domestik, sebagian kelas menengah juga melirik wisata ke luar negeri, terutama negara-negara ASEAN. Singapura dan Thailand menjadi tujuan favorit mereka. Bagi yang koceknya lebih, biasanya memilih Eropa dan Amerika Serikat.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pertumbuhan pariwisata pada 2010 tercatat 10,8 persen, padahal pertumbuhan pariwisata global hanya 6,6 persen. Begitu pula pada 2011, tingkat pertumbuhan pariwisata Indonesia 8,5 persen, jauh melampaui tingkat pariwisata global yang pertumbuhannya 6,5 persen. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.