Pengembangan Destinasi Wisata Harus Libatkan Warga

Kompas.com - 17/12/2011, 15:53 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com-  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu menekankan pentingnya keseimbangan lingkungan dan keterlibatan warga dalam mengembangkan destinasi pariwisata.

Hal itu disampaikan Mari Elka Pangestu terkait pengembangan desa wisata, sebagai bagian program PNPM Mandiri, Sabtu (17/12/2011).

Pariwisata bertujuan untuk mengembangkan kapasitas masyarakat, menciptakan lapangan kerja, dan usaha di bidang pariwisata. Masyarakat subjek pembangunan dapat menjadi pelaku aktif di destinasi pariwisata.

Menurut Mari, bidang pariwisata merupakan industri yang melibatkan langsung masyarakat sehingga sangat efektif untuk mendorong pemberdayaan masyarakat dalam memajukan destinasi dan langsung menggerakkan perekonomian di destinasi tersebut paparnya.

Salah destinasi desa wisata adalah desa-desa sekitar Candi Borobudur, yang telah dimulai pada 2009. Beberapa diantaranya adalah Desa Candirejo, Desa Borobudur, Desa Majaksingi, Desa Bumisegoro dan Desa Tuksongo. Kelima desa tersebut berlanjut di tahun 2010, dan pada tahun 2011 ditambah menjad i 8 (delapan) desa, yaitu Desa Borobudur, Desa Tuksongo, Desa Candirejo, Desa Wanurejo, Desa Karangrejo, Desa Karanganyar, Desa Tanjungsari dan Desa Wringin Putih.

Sejak PNPM Desa Wisata digulirkan, pendapatan warga setempat meningkat dengan adanya peningkatan kegiatan kerajinan, seni pertunjukan, dan kuliner. Bahkan, pedagang yang tadinya berjualan di sekitar lokasi wisata seperti Candi Borobudur memilih untuk menekuni profesi tetap yang baru sebagai perajin di desa wisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.