Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembangan Destinasi Wisata Harus Libatkan Warga

Kompas.com - 17/12/2011, 15:53 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com-  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu menekankan pentingnya keseimbangan lingkungan dan keterlibatan warga dalam mengembangkan destinasi pariwisata.

Hal itu disampaikan Mari Elka Pangestu terkait pengembangan desa wisata, sebagai bagian program PNPM Mandiri, Sabtu (17/12/2011).

Pariwisata bertujuan untuk mengembangkan kapasitas masyarakat, menciptakan lapangan kerja, dan usaha di bidang pariwisata. Masyarakat subjek pembangunan dapat menjadi pelaku aktif di destinasi pariwisata.

Menurut Mari, bidang pariwisata merupakan industri yang melibatkan langsung masyarakat sehingga sangat efektif untuk mendorong pemberdayaan masyarakat dalam memajukan destinasi dan langsung menggerakkan perekonomian di destinasi tersebut paparnya.

Salah destinasi desa wisata adalah desa-desa sekitar Candi Borobudur, yang telah dimulai pada 2009. Beberapa diantaranya adalah Desa Candirejo, Desa Borobudur, Desa Majaksingi, Desa Bumisegoro dan Desa Tuksongo. Kelima desa tersebut berlanjut di tahun 2010, dan pada tahun 2011 ditambah menjad i 8 (delapan) desa, yaitu Desa Borobudur, Desa Tuksongo, Desa Candirejo, Desa Wanurejo, Desa Karangrejo, Desa Karanganyar, Desa Tanjungsari dan Desa Wringin Putih.

Sejak PNPM Desa Wisata digulirkan, pendapatan warga setempat meningkat dengan adanya peningkatan kegiatan kerajinan, seni pertunjukan, dan kuliner. Bahkan, pedagang yang tadinya berjualan di sekitar lokasi wisata seperti Candi Borobudur memilih untuk menekuni profesi tetap yang baru sebagai perajin di desa wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com