Badai Washi Tewaskan 180 Orang di Filipina

Kompas.com - 17/12/2011, 15:06 WIB
EditorKistyarini

MANILA, KOMPAS.com - Seratus delapan puluh orang tewas dan 400 orang lainnya akibat banjir bandang yang dipicu badai tropis Washi yang menyerang wilayah selatan Filipina, Sabtu (17/12/2011).

Juru bicara militer Filipina selatan mengatakan, sudah 97 jenazah ditemukan di Cagayan de Oro, kota pelabuhan utama di Pulau Mindanao. Sementara itu 75 jasad lainnya ditemukan di Iligan, pelabuhan lainnya. Dari dua kota itu saja, setidaknya 375 orang dilaporkan hilang.

Kolonel Leopoldo Galon menyatakan, tentara dari angkatan darat menggunakan truk, kapal, dan helikopter untuk mengevakuasi setidaknya 2.000 warga Cagayan de Oro.

Secara terpisah Letnan Kolonel Randolph Cabangbang mengatakan, 15 orang yang terseret hingga ke lepas pantai Iligan diselamatkan.

Badai tropis Washi yang menghantam wilayah timur Pulau Mindanao pada Jumat (16/12/2011). Badai ini memicu terjadinya tanah longsor yang menyebabkan lima orang tewas, sementara lima orang lainnya tenggelam di kota Polanco.

Washi diperkirakan akan menyerang pulau di wilayah barat, Palawan, pada Sabtu malam setelah melintasi Laut Sulu, dengan kecepatan angin 75 kilometer per jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.