Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Washi Tewaskan 180 Orang di Filipina

Kompas.com - 17/12/2011, 15:06 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Seratus delapan puluh orang tewas dan 400 orang lainnya akibat banjir bandang yang dipicu badai tropis Washi yang menyerang wilayah selatan Filipina, Sabtu (17/12/2011).

Juru bicara militer Filipina selatan mengatakan, sudah 97 jenazah ditemukan di Cagayan de Oro, kota pelabuhan utama di Pulau Mindanao. Sementara itu 75 jasad lainnya ditemukan di Iligan, pelabuhan lainnya. Dari dua kota itu saja, setidaknya 375 orang dilaporkan hilang.

Kolonel Leopoldo Galon menyatakan, tentara dari angkatan darat menggunakan truk, kapal, dan helikopter untuk mengevakuasi setidaknya 2.000 warga Cagayan de Oro.

Secara terpisah Letnan Kolonel Randolph Cabangbang mengatakan, 15 orang yang terseret hingga ke lepas pantai Iligan diselamatkan.

Badai tropis Washi yang menghantam wilayah timur Pulau Mindanao pada Jumat (16/12/2011). Badai ini memicu terjadinya tanah longsor yang menyebabkan lima orang tewas, sementara lima orang lainnya tenggelam di kota Polanco.

Washi diperkirakan akan menyerang pulau di wilayah barat, Palawan, pada Sabtu malam setelah melintasi Laut Sulu, dengan kecepatan angin 75 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com