Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selatan Filipina Kini Tak Bebas Topan

Kompas.com - 16/12/2011, 19:21 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Kawasan selatan Filipina tak lagi bebas topan. Buktinya, tulis AFP pada Jumat (16/12/2011), sekitar 300 orang di kawasan itu terpaksa meninggalkan rumah menuju tempat lebih tinggi.

Hujan lebat sejak Kamis malam kemarin lantaran badai tropis Washi membuat banjir di Dipolog, Mindanao. Demikian dikatakan Kepala Operasi Pertahanan Sipil Edgar Ollet.

"Saya mengharapkan kami akan berusaha menghindarkan jatuhnya korban. Daerah ini jarang dilanda topan, yang berarti penduduk lokal mungkin tidak siap, dibandingkan dengan daerah lain negara itu," kata Ollet.
    
Washi menurut badan cuaca negara itu menghantam pantai tenggara Mindanao pada pukul 14.30 waktu setempat (13.30 WIB) dengan kecepatan angin 90 km per jam. Menurut ahli cuaca Gilbert Aquino, badai itu kini sedang bergerak ke barat melintasi pulau besar itu.
    
Mindanao sebagian besar merupakan daerah pertanian yang dianggap lumbung pangan negara itu. "Daerah itu jarang dilanda topan," kata Aquino sembari menambahkan, para pejabat wilayah itu telah disiagakan untuk memperingatkan penduduk akan bahaya-bahaya tanah longsor dan banjir bandang.
    
Filipina setiap tahun dilanda 20 badai kuat. Badai paling berat menghantam Luzon, pulau terbesar dan paling banyak penduduk di negara Asia Tenggara itu.
    
Data pemerintah menunjukkan, dua topan, Nesat dan Nalgae, melanda negara itu selama beberapa hari, masing-masing dari 27 September, menyebabkan 100 orang tewas. Sementara itu, badai tropis Banyan menewaskan delapan orang lainnya pada Oktober.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com