Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Desember, India Terima Kapal Selam Sewaan

Kompas.com - 16/12/2011, 15:48 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kapal selam bertenaga nuklir, Nerpa, andai tak ada aral melintang, akan hadir di India dari Rusia. IRNA-OANA mewartakan pada Jumat (16/12/2011), India menunggu lama untuk mendapatkan kapal selam itu. Namun, India hanya menyewa hingga sepuluh tahun.

Menurut rencana, kapal selam itu akan diberi nama INS Chakra. Kapal selam tempur itu masuk dalam tipe Akula II. Menurut laporan sebelumnya, kontrak sewa diperkirakan bernilai antara 650 juta sampai dengan 900 juta dollar AS.
   
India telah mendanai penyelesaian kapal selam Nerpa nuklir di Amur Shipyard sebelum runtuhnya Uni Soviet. Sementara K-152 Nerpa itu menjalani uji laut di Laut Jepang pada  8 November 2008. Waktu itu, terjadi kecelakaan yang menyebabkan kematian sekitar dua puluh pelaut dan cedera pada dua puluh satu orang lain.
   
Satu sistem pencegah kebakaran kehabisan gas di bagian haluan, mencekik pernafasan spesialis sipil dan para  awak Angkatan Laut.
   
Nerpa diistirahatkan di galangan kapal Komsomolsk-on-Amur pada 1993. Kendati demikian, penyelesaiannya ditunda selama hampir satu dekade karena kekurangan dana oleh krisis ekonomi pada awal 1990-an.
  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com