Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Perusak Inggris Cegat Konvoi Rusia

Kompas.com - 16/12/2011, 08:06 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

LONDON, KOMPAS.com- Inggris mengerahkan kapal perusak HMS York untuk mencegat konvoi kapal perang Rusia yang melintas dekat perairan Inggris dalam perjalanan menuju Laut Tengah. Kapal perusak Tipe 42 itu akan terus membayangi konvoi yang dipimpin kapal induk Admiral Kuznetsov untuk menjaga agar jangan sampai mengganggu wilayah teritorial Inggris.

Demikian dinyatakan Kementerian Pertahanan Inggris (www.mod.uk), Kamis (15/12/2011). HMS York dikabarkan berangkat dari pangkalannya di Portsmouth, Inggris selatan, pekan lalu, dan melakukan kontak pertama dengan Admiral Kuznetsov di sebelah timur laut Orkneys, Senin (12/12/2011) pagi.

Kemenhan Inggris menyatakan, kapal perusak tersebut akan terus mengiringi Admiral Kuznetsov dan kapal-kapal lain dalam konvoi itu, yang terdiri atas sebuah kapal perusak, dua kapal fregat, dua tanker, dan satu kapal tunda, selama mereka berada di dekat perairan Inggris.

Menurut Daily Mail, kapal induk Rusia itu hanya berada pada jarak 30 mil (48 km) dari garis pantai Inggris, dan merupakan jarak terdekat yang pernah dibuat kapal perang Rusia dengan Inggris dalam 20 tahun terakhir. Pada jarak itu, kapal-kapal perang Rusia sudah berada di dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Inggris.

Dalam rekaman video yang ditayangkan Daily Mail dan diambil dari sebuah helikopter, terlihat HMS York berlayar membayangi Admiral Kuznetsov—yang terlihat seperti berlayar sendirian, dalam jarak yang sangat dekat. Helikopter, yang diduga juga milik angkatan bersenjata Inggris, itu kemudian terbang memutari kapal induk satu-satunya yang masih dioperasikan Rusia itu.

Kapal-kapal Rusia saat ini buang sauh di wilayah perairan internasional di lepas pantai Moray Firth, Skotlandia, untuk berlindung dari cuaca buruk Laut Utara, sebelum melanjutkan perjalanan ke Laut Tengah. Pihak Inggris menduga kapal-kapal Rusia tersebut akan ke Laut Tengah untuk menjalani berbagai latihan.

Menurut Kemenhan Inggris, kehadiran HMS York di dekat kapal-kapal Rusia ditujukan untuk menunjukkan komitmen AL Inggris (Royal Navy) untuk selalu menjaga integritas dan keamanan perairan Inggris.

"Kehadiran kami adalah sinyal jelas bagi gugus tugas Rusia bahwa Royal Navy selalu aktif dan waspada di sekitar perairan Inggris dan kami akan terus memonitor aktivitas mereka selama mereka berlayar ke selatan. Kami sangat terlatih dalam operasi semacam ini, dan siap dikirimkan ke setiap posisi di sekitar perairan Inggris dan menunjukkan kehadiran yang kuat setiap ada panggilan tugas," tandas Komandan HMS York, Commander Rex Cox.

Seperti diberitakan sebelumnya, Admiral Kuznetsov dan kapal perusak Admiral Chabanenko diberangkatkan dari pangkalan Armada Utara Rusia di Severomorsk, dan bertemu dengan dua kapal fregat dari Armada Baltik, sebelum menuju Laut Tengah. Secara resmi mereka dinyatakan akan menggelar latihan rutin di Laut Tengah, tetapi ada dugaan mereka juga akan mampir ke pelabuhan Tartus di Suriah untuk menunjukkan dukungan Rusia terhadap Suriah saat ini. (sumber: mod.uk, dailymail.co.uk)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com