Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Akan Pamerkan Pesawat Pengintai Israel dan AS

Kompas.com - 15/12/2011, 09:40 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Iran berencana memamerkan beberapa pesawat mata-mata Amerika Serikat dan Israel yang diambil alih, kata kantor berita semiresmi Mehr hari Rabu (14/12/2011).

Para wartawan nasional dan duta besar asing yang berbasis di Teheran akan diizinkan mengunjungi pameran itu, kata sumber informasi, seperti dikutip Mehr. Menurut sumber itu, pesawat-pesawat tak berawak asing yang berada di tangan Iran mencakup empat pesawat mata-mata milik Israel dan tiga milik AS.

Keempat pesawat tak berawak Israel itu melanggar wilayah udara negara Iran di sepanjang perbatasan timur. Adapun tiga pesawat tak berawak AS merambah ke wilayah udara Iran di sepanjang perbatasan timur dan selatan.

Pada awal bulan ini, media Iran melaporkan, pesawat pengintai AS ditembak jatuh oleh Angkatan Bersenjata Republik Islam di Iran timur setelah melampaui perbatasan Iran. Televisi Pemerintah Iran, pekan lalu, menunjukkan rekaman dari pesawat siluman tersebut.

Para pejabat AS membantah pesawat itu ditembak jatuh oleh Iran dan bersikeras bahwa pesawat RQ-170, pesawat tak berawak yang digunakan untuk pengintaian dan pengawasan oleh AS di Afganistan, jatuh karena masalah mekanis.

Namun, laporan Mehr pada Rabu tidak mengatakan apakah pameran akan mencakup pesawat AS RQ-170 itu.

Pada Januari, Iran mengklaim bahwa mereka menembak jatuh pesawat AS, Inggris dan Israel di Teluk Persia beberapa kali selama tahun-tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com