Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Kerajaan Inggris Keliling Dunia pada 2012

Kompas.com - 14/12/2011, 22:10 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Keluarga Kerajaan Inggris akan melakukan perjalanan keliling dunia, termasuk ke Singapura, tahun 2012, untuk merayakan 60 tahun Ratu Elizabeth II menjadi pemimpin Kerajaan Inggris.

Istana Buckingham dalam pengumumannya pada Rabu (14/12/2011) menyebutkan, Pangeran William dan istrinya, Catherine, akan melakukan perjalanan ke kawasan Asia Pasifik, sementara Pangeran Charles dan istrinya, Camilla, akan mengunjungi sejumlah negara, termasuk Australia dan Kanada.

Ratu Elizabeth II (85) dan suaminya, Pangeran Philip (90), akan tetap berada di Inggris, tetapi akan melakukan perjalanan ke Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

"Anggota keluarga kerajaan akan melakukan perjalanan keliling dunia mewakili Ratu yang memperingati 60 tahun memimpin Kerajaan Inggris, mengunjungi negara-negara Commonwealth, Crown Dependencies, dan British Overseas Territories," demikian juru bicara Istana Buckingham dalam pernyataannya.

Perjalanan keliling dunia itu ditambah dengan acara di Inggris, memperingati 60 tahun Ratu Elizabeth II memimpin Kerajaan Inggris, termasuk kontes besar-besaran di Sungai Thames yang melibatkan lebih dari 1.000 perahu dan tata cahaya di seluruh Inggris.

Dalam jadwal tersebut, Pangeran William, cucu Ratu Elizabeth II dan pewaris takhta Kerajaan Inggris, akan melakukan perjalanan bersama sang istri, Putri Catherine, ke Malaysia, Singapura, Kepulauan Solomon, dan Tuvalu.

Kepulauan Tuvalu di Pasifik tidak dikunjungi kerajaan dalam dekade terakhir ini. Ketika Ratu dan suaminya melakukan perjalanan tahun 1982, mereka hanya naik perahu ke ibu kota Funafuti.

Sementara itu, Pangeran Harry, adik Pangeran Willian, akan melakukan perjalanan luar negeri pertamanya yang mewakili Ratu, ke Belize, Jamaika, dan Kepulauan Bahama.

Ayah Pangeran William dan Harry, Pangeran Charles, akan melakukan perjalanan bersama istrinya, Camilla, ke Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Papua Niugini. Charles juga akan mengunjungi Kepulauan Channel di lepas pantai Perancis.

Kepulauan Falkland di selatan Samudra Atlantik, yang menjadi obyek perang antara Inggris dan Argentina tahun 1982 silam, akan menerima kunjungan dari sepupu Ratu, yaitu Edward, Duke of Kent.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com