Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontingen Polri Persembahkan Poco-poco di Sudan

Kompas.com - 14/12/2011, 14:43 WIB

KAIRO, KOMPAS.com--Kontingen Polisi Republik Indonesia (Polri) yang tergabung dalam misi Pasukan Penjaga Perdamaian PBB (Formed Police Unit/FPU) di Darfur, Sudan, mempersembahkan tarian pocopoco dalam resepsi diplomatik di Khartoum.

"Semua undangan menyambut antusias dan turut bergoyang mengikuti irama tarian pocopoco yang dipersembahkan para personel Kontingen Polri," kata Kepala Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Khartoum, Muhammad Syafri, kepada ANTARA Kairo, Selasa.

Disebutkan, Duta Besar Pakistan di Sudan memuji semaraknya resepsi diplomatik yang diawali dengan Tari Badinding tersebut. "Atraksi seni budaya ini meriah dan sangat menarik," kata Dubes Pakistan, seperti dikutip Syafri.

Menurut Syafri, sekitar 400 undangan dari kalangan pejabat pemerintah, duta besar, diplomat negara sahabat, pengusaha, budayawan, pemuka masyarakat dan wartawan setempat memenuhi Wisma Duta KBRI itu.

Selain tarian pocopoco, berbagai atraksi seni budaya khas Indonesia, seperti tarian, pencak silat, peragaan busana batik, juga menyemarakkan resepsi diplomatik KBRI Khartoum pada Jumat (11/12) malam tersebut, katanya.

Atraksi angklung yang mengiringi lagu Indonesia Pusaka dan satu lagu asing juga tak kalah menariknya, kata Syarif.

Resepsi diplomatik ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-66 Kemerdekaan RI, yang pelaksanaannya sengaja diundur untuk menghindari musim panas mengerikan di negara Arab Afrika Timur itu.

"Acara ini tidak dilaksanakan pada bulan Agustus, September atau Oktober karena temperatur di Khartoum yang mencapai 46-50 derajat selsius," katanya.

Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea, Dr. Sujatmiko, menjelaskan, resepsi diplomatik ini diselingi pula dengan promosi potensi ekonomi dan parawisata Indonesia.

Para undangan disuguhkan masakan khas Indonesia, antara lain berupa sate ayam madiun, mie goreng Aceh, gado-gado, bakpia pathok, dan lumpia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com