Pasar Perhotelan di Bali Makin Bergairah

Kompas.com - 14/12/2011, 14:14 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary
JAKARTA, KOMPAS.com - Membaiknya sektor pariwisata Indonesia, terutama di Bali, membawa dampak positif bagi pasar perhotelan. Semakin membaiknya pasar, akan membuka persaingan ketat hotel-hotel berbintang tiga yang banyak penawarannya.

"Jarang terjadi di daerah lain, di mana wisatawan yang mengunjungi Bali itu persentasenya bisa fifty-fifty turis asing dan turis domestik. Ini akan memengaruhi permintaan akan perhotelan baik di bintang tiga mapun lima," kata Head of Research and Advisory Cushman and Wakefield Indonesia Arief Rahardjo, dalam acara Property Market Outlook 2012, di Jakarta, Selasa (13/12/2011).

 
Arief mengatakan, profil Bali berbeda dari daerah lain termasuk Jakarta dengan harga kamar bisa mencapai Rp 200 ribu lebih tinggi. Tarif menginap di Bali untuk hotel bintang 5 bisa mencapai Rp 1.710.000, sedangkan untuk bintang 4 mencapai Rp 864.000, dan bintang 3 mencapai Rp 560.000,-. 
 

"Ke depan akan semakin banyak turis yang masuk ke Bali. Apalagi besarnya kapasitas bandara akan ditambah. Dari data kedatangan turis, tahun ini mencapai 6 juta jiwa. Tahun depan diperkirakan naik sampai 6,6 juta jiwa," jelasnya.

Melihat potensi wisata ini, Arief mengatakan, persaingan antarhotel berbintang akan semakin ketat. Banyaknya penawaran akan menimbulkan persaingan antara hotel bintang 3 dengan hotel bintang 5.

"Membaiknya pasar diikuti pembangunan berlebihan dikhawatirkan akan menekan hotel bintang 3. Sementara hotel bintang 5 akan tumbuh lebih baik karena akan banyak even Internasional diselenggarakan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.