Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AL Meksiko Ringkus Pemimpin Geng Zetas

Kompas.com - 13/12/2011, 15:00 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Aparat keamanan Meksiko berhasil membekuk seorang pemimpin geng narkoba Zetas yang masuk dalam daftar 37 penjahat paling berbahaya di negeri itu, demikian pernyataan resmi pihak berwenang, Senin (12/12/2011).

Raul Lucio Hernandez Lechuga, yang dijuluki "El Lucky", ditangkap di Kordoba, kota di wilayah timur negara bagian Veracruz, demikian pernyataan Angkatan Laut Meksiko.

Operasi itu tidak berhenti pada penangkapan El Lucky dan aparat berhasil meringkus sejumlah orang. Hernandez Lechuga merupakan orang ke-22 dalam daftar penjahat berbahaya Meksiko yang dibekuk sejak tahun 2009.

Presiden Felipe Calderon memuji penangkapan itu melalui akun Twitter-nya dan menyebut "El Lucky" sebagai pendiri Zetas dan pemimpin geng di Veracruz dan dua negara bagian lainnya, Oaxaca dan Puebla.

Kelompok Zetas dibentuk oleh sejumlah mantan anggota pasukan elite Meksiko pada tahun 1990-an. Kelompok ini menyebarkan ketakutan dengan penculikan dan pembunuhan di seluruh Meksiko. Dalam beberapa tahun terakhir, aksi mereka merambah Guatemala.

Lebih dari 45.000 orang terbunuh dalam kejahatan terkait narkoba di Meksiko sejak Desember 2006 ketika pemerintah mengirim puluhan ribu tentara ke jalan-jalan untuk mengatasi kejahatan terorganisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com