Kamboja dan AS Mulai Lagi Latihan Militer

Kompas.com - 12/12/2011, 16:44 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Demi peningkatan kerja sama militer, Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja dan Marinir AS menggelar kembali latihan bantuan bencana alam dan kemanusiaan di Phnom Penh. Menurut warta OANA pada Senin (12/12/2011), latihan ini menjadi penyambung latihan pada Jumat (9/12/2011). Saat itu, Polisi Militer Kamboja berlatih dengan Marinir AS dari Ekspedisi Angkatan Laut III.

Selain di Phnom Penh, latihan yang berakhir pada Minggu (18/12/2011) berlangsung juga di Sihanoukville. Pihak Kedutaan Besar AS untuk Kamboja dalam wartanya mengatakan marinir dan pelaut Amerika Serikat dari Unit Ekspedisi Kelautan ke-11 dan Skadron Amfibi kelima diangkut oleh  kapal USS Pearl Harbor dan USS New Orleans. Mereka akan bertukar pengalaman dengan pasukan Kamboja yang berkaitan dengan bantuan kemanusiaan dan respon bencana, sebagai sarana untuk meningkatkan kerja sama profesional dan koordinasi antara dua kekuatan. Komponen pertukaran termasuk proyek rekayasa aksi massa, latihan respon medis dan korban massal, serta manuver peleton.
   
"Latihan ini berfungsi sebagai contoh lain bagaimana pasukan AS dan Kamboja dapat bekerja sama, meningkatkan pemahaman budaya masing-masing, meningkatkan kemampuan, dan meningkatkan koordinasi, sambil memberikan layanan ke daerah dan individu-individu yang membutuhkan," kata Jeff Daigle, kuasa usaha dari Kedubes AS di Kamboja.
   
Latihan bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana telah memperkuat hubungan antara AS dan Kamboja, sementara juga meningkatkan kemampuan negara-negara Asia Pasifik untuk bekerja sama secara efektif dalam memberikan bantuan dalam peristiwa bencana alam dan krisis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.