Turki Tuding Israel Buat Ricuh di Gaza

Kompas.com - 10/12/2011, 18:43 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Turki menuding Israel kembali membuat kericuhan di Jalur Gaza setelah serangan ke kawasan tersebut kemarin. Menurut warta Anatolia pada Sabtu (10/12/2011), serangan itu membunuh satu orang dan melukai yang lainnya.

"Serangan Israel terhadap sebuah kendaraan di Gaza adalah upaya provokasi," imbuh pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki.

Menurut Turki, kemudian, serangan kekerasan itu memecah kesepakatan gencatan senjata selama ini. "Kekerasan itu meningkatkan konflik yang sebetulnya tidak menguntungkan semua pihak," kata pernyataan tersebut.

Sampai kini, hubungan bilateral antara Turki dengan Israel memang kurang baik. Pada September lalu, Turki mengusir duta besar Israel untuk Turki sekaligus membekukan kerja sama militer.

Kasus ini memang ada hubungannya dengan serangan Israel terhadap kapal kemanusiaan Mavi Marmara. Insiden itu menewaskan delapan warga Turki dan satu orang warga AS keturunan Turki. Untuk urusan ini, Israel emoh meminta maaf.

Sementara itu, pada Oktober 2011, Israel menawarkan bantuan kepada Turki demi membantu korban gempa bumi di Provinsi Van, Turki. Tapi, Turki menampik tawaran Israel.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.