Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Tuding Israel Buat Ricuh di Gaza

Kompas.com - 10/12/2011, 18:43 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Turki menuding Israel kembali membuat kericuhan di Jalur Gaza setelah serangan ke kawasan tersebut kemarin. Menurut warta Anatolia pada Sabtu (10/12/2011), serangan itu membunuh satu orang dan melukai yang lainnya.

"Serangan Israel terhadap sebuah kendaraan di Gaza adalah upaya provokasi," imbuh pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki.

Menurut Turki, kemudian, serangan kekerasan itu memecah kesepakatan gencatan senjata selama ini. "Kekerasan itu meningkatkan konflik yang sebetulnya tidak menguntungkan semua pihak," kata pernyataan tersebut.

Sampai kini, hubungan bilateral antara Turki dengan Israel memang kurang baik. Pada September lalu, Turki mengusir duta besar Israel untuk Turki sekaligus membekukan kerja sama militer.

Kasus ini memang ada hubungannya dengan serangan Israel terhadap kapal kemanusiaan Mavi Marmara. Insiden itu menewaskan delapan warga Turki dan satu orang warga AS keturunan Turki. Untuk urusan ini, Israel emoh meminta maaf.

Sementara itu, pada Oktober 2011, Israel menawarkan bantuan kepada Turki demi membantu korban gempa bumi di Provinsi Van, Turki. Tapi, Turki menampik tawaran Israel.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com