Kapal Perang Rusia Bergerak ke Teluk Aden

Kompas.com - 10/12/2011, 12:03 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com — Kapal perusak antikapal selam Admiral Tributs milik Angkatan Laut Rusia diberangkatkan dari pangkalannya di Vladivostok, Rusia timur jauh, menuju Teluk Aden, Sabtu (10/12/2011). Menurut juru bicara Armada Pasifik AL Rusia, kapal tersebut akan mengikuti operasi gabungan antibajak laut di perairan tersebut.

Kapal Admiral Tributs adalah kapal perusak kelas Udaloy yang menjadi bagian Armada Pasifik Rusia. Kapal tersebut meninggalkan pangkalannya di Vladivostok, didampingi sebuah kapal tanker Pechenega dan satu kapal tunda penyelamat, sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Kapal yang dilengkapi dua helikopter itu akan menggantikan tugas kapal Admiral Panteleyev yang sudah lebih dulu berada di Teluk Aden. Admiral Tributs sendiri sudah pernah bertugas untuk misi serupa pada tahun 2009.

Rusia berperan aktif dalam operasi antibajak laut ini sejak 2008, dan kapal-kapal perangnya sudah mengawal tak kurang dari 120 kapal dagang yang melintasi perairan rawan perompak di lepas pantai Somalia.

Pergerakan kapal-kapal AL Rusia sangat sibuk akhir-akhir ini. Selain perjalanan Admiral Tributs ke Teluk Aden, tak kurang dari sembilan kapal perang lain dari Armada Laut Hitam, Armada Baltik, dan Armada Utara Rusia sedang bergerak menuju Laut Tengah. Mereka secara resmi disebutkan akan menjalani latihan rutin musim dingin, tetapi ada sinyalemen konvoi kapal perang ini akan menuju Suriah, sekutu Rusia yang sedang berada dalam tekanan dunia internasional.

Sumber: RIA Novosti

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.