Diet Rendah Karbohidrat Sebabkan Krisis Mentega

Kompas.com - 10/12/2011, 12:03 WIB
EditorEgidius Patnistik

OSLO, KOMPAS.com - Popularitas program diet rendah karbohidrat di Norwegia membuat stok mentega di negeri itu menipis dan menyebabkan krisis kuliner dua pekan menjelang Natal. Penduduk Norwegia menghabiskan mentega karena program diet rendah karbohidrat mensyaratkan penambahan konsumsi lemak di negara yang musim dinginnya bisa sangat dingin itu.

”Penjualan meningkat 20 persen bulan Oktober dan 30 persen pada November,” kata Lars Galtung, Kepala Komunikasi TINE, koperasi pertanian terbesar di negeri itu.

Sebelumnya, produksi mentega sudah terbatas karena produksi susu—bahan baku mentega—berkurang 25 juta liter, menyusul musim panas basah yang mengurangi kualitas pakan ternak. Krisis mentega ini memunculkan ide agar negara penghasil minyak nomor delapan di dunia itu menukar minyak dengan mentega.

Mentega kini menjadi barang paling dicari di situs lelang online, dengan harga mulai dari 13 dollar AS (sekitar Rp 120.000) per 250 gram, empat kali lipat dari harga normalnya. Denmark, salah satu penghasil produk susu papan atas, berada hanya di seberang Selat Skagerrak. Namun, Norwegia harus berpikir panjang untuk mengimpor karena, sebagai negara non-Uni Eropa, mereka harus membayar pajak impor yang tinggi.(Reuters/Was)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.