Pasukan Khusus Rusia Gunakan Senapan Buatan Austria

Kompas.com - 09/12/2011, 22:47 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

MOSKWA, KOMPAS.com - Unit pasukan khusus di Kesatuan Lintas Udara Angkatan Bersenjata Rusia, akan menggunakan senapan buatan Austria. Sebanyak 30 senapan penembak jitu itu, telah diantarkan kepada unit pasukan khusus tersebut.

Demikian disampaikan juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Kolonel Alexander Kucherenko, di Moskwa, Jumat (9/12/2011), seperti dikutip kantor berita RIA Novosti.

Senapan buatan Austria ini, adalah tipe senapan pertama buatan negara di luar Rusia yang digunakan pasukan khusus Lintas Udara tersebut.

Kucherenko mengatakan, sebagian senapan itu telah dikirim sesuai dengan kontrak yang ditandatangani tahun 2010, dan akan ada lebih banyak lagi senapan menyusul dikirim. Ia menolak menyebutkan dengan pasti jumlah pesanan senapan itu.

Kucherenko juga tidak menyebutkan detail merek dan tipe senapan yang dimaksud, tetapi berdasarkan spesifikasi yang ia berikan, kemungkinan besar senapan Austria ini adalah Steyr-Mannlicher SSG-69 kaliber 7.62 mm, dengan magasin yang berisi 10 peluru. Senapan tipe ini memiliki jarak tembak efektif hingga 2.000 meter.

Ketinggalan teknologi yang dihadapi industri senjata Rusia setelah runtuhnya Uni Soviet awal 1990-an membuat negara, yang terkenal dengan berbagai produk senjatanya ini, mulai membeli persenjataan dari negara lain. Selain senapan Austria, Rusia juga telah menandatangani kontrak pembelian empat kapal induk helikopter kelas Mistral buatan Perancis. (DHF)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sumber: RIA Novosti

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.