Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Janda Osama Tinggalkan Pakistan

Kompas.com - 09/12/2011, 11:17 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Pemerintah Pakistan mengizinkan para janda Osama bin Laden pulang ke kampung halaman masing-masing, Kamis (8/12/2011), Guardian melaporkan.

Tiga janda Osama itu menjadi tahanan pihak berwenang Pakistan setelah Osama terbunuh dalam operasi militer Amerika Serikat di Abbottabad pada Mei lalu. Sementara 12 anak-anak mereka juga menjadi tanggung jawab Pakistan.

Dua dari tiga istri Osama, yakni Khairiah Sabar dan Shiam Sabar, akan pulang ke Saudi Arabia. Sementara seorang lainnya akan meninggalkan Pakistan, tetapi tidak ke tanah kelahirannya, Yaman, yang tidak mau menerimanya. Menurut Guardian, perempuan itu ditawari tinggal di Qatar.

Pemerintah Arab Saudi sudah memperbarui status kewarganegaraan Khairiah Sabar dan Siham Sabar setelah beberapa kerabat mereka melancarkan kampanye agar mereka bisa kembali ke tanah air, kata Daily Telegraph.

Sebelumnya Saudi menolak menerima keduanya karena status Osama sebagai warga negara Arab Saudi dicabut pada 1994. Khairiah dan Siham dilahirkan di Jeddah. Osama menikah Khairiah pada 1985 dan Shiam pada 1987.

Delapan anak kedua perempuan itu juga ikut ke Arab Saudi, Daily Telegraph melaporkan. Namun Duta Besar Arab Saudi untuk Pakistan mengatakan tidak mengetahui soal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com