Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Admiral Kuznetsov" Berangkat Menuju Suriah

Kompas.com - 06/12/2011, 23:46 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, konvoi kapal perang Rusia yang dipimpin kapal induk Admiral Kuznetsov telah diberangkatkan menuju Laut Tengah, Selasa (6/12/2011).

Media Rusia menyebut pihak Kementerian Pertahanan Rusia (Kemenhan Rusia) menyatakan bahwa konvoi kapal itu akan mampir di Pelabuhan Tartus di Suriah untuk mengisi kebutuhan logistik mereka.

Beberapa stasiun televisi Rusia menayangkan gambar kapal induk Admiral Kuznetsov berlayar meninggalkan Severomorsk, pangkalan Armada Utara Rusia di kawasan Artik, dekat kota Murmansk, Rusia barat laut. Kapal induk satu-satunya yang masih dioperasikan Rusia itu terlihat diiringi sebuah kapal perusak dan beberapa kapal suplai.

Kapal-kapal Rusia itu dilaporkan akan menjalani latihan tahunan di kawasan Laut Tengah, dan akan bergabung dengan beberapa kapal perang dari armada lain di Angkatan Laut Rusia.

Sebelumnya, kapal fregat Ladny dari Armada Laut Hitam Rusia dilaporkan telah diberangkatkan lebih dulu dari pangkalannya di Sevastopol, Ukraina, Minggu (4/12/2011).

Kapal tersebut dijadwalkan bertemu kapal induk Admiral Kuznetsov dan kapal perusak Admiral Chabanenko di Laut Tengah.

Kapal fregat berpeluru kendali itu dijadwalkan akan berlabuh di pelabuhan Siprus, Malta, Perancis, dan Spanyol.

Satu tim antiteror disertakan dalam kapal itu, untuk menjaga keamanan kapal selama melewati beberapa selat yang menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Tengah, dan selama berlabuh di pelabuhan negara-negara asing.

Meski secara resmi konvoi kapal perang itu disebutkan akan menjalani latihan rutin, banyak pihak menduga langkah Rusia ini berkaitan dengan situasi di Suriah, yang sedang menghadapi tekanan dunia internasional. Kemenhan Rusia membantah sinyalemen tersebut. (AP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com