"Admiral Kuznetsov" Berangkat Menuju Suriah

Kompas.com - 06/12/2011, 23:46 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

MOSKWA, KOMPAS.com Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, konvoi kapal perang Rusia yang dipimpin kapal induk Admiral Kuznetsov telah diberangkatkan menuju Laut Tengah, Selasa (6/12/2011).

Media Rusia menyebut pihak Kementerian Pertahanan Rusia (Kemenhan Rusia) menyatakan bahwa konvoi kapal itu akan mampir di Pelabuhan Tartus di Suriah untuk mengisi kebutuhan logistik mereka.

Beberapa stasiun televisi Rusia menayangkan gambar kapal induk Admiral Kuznetsov berlayar meninggalkan Severomorsk, pangkalan Armada Utara Rusia di kawasan Artik, dekat kota Murmansk, Rusia barat laut. Kapal induk satu-satunya yang masih dioperasikan Rusia itu terlihat diiringi sebuah kapal perusak dan beberapa kapal suplai.

Kapal-kapal Rusia itu dilaporkan akan menjalani latihan tahunan di kawasan Laut Tengah, dan akan bergabung dengan beberapa kapal perang dari armada lain di Angkatan Laut Rusia.

Sebelumnya, kapal fregat Ladny dari Armada Laut Hitam Rusia dilaporkan telah diberangkatkan lebih dulu dari pangkalannya di Sevastopol, Ukraina, Minggu (4/12/2011).

Kapal tersebut dijadwalkan bertemu kapal induk Admiral Kuznetsov dan kapal perusak Admiral Chabanenko di Laut Tengah.

Kapal fregat berpeluru kendali itu dijadwalkan akan berlabuh di pelabuhan Siprus, Malta, Perancis, dan Spanyol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satu tim antiteror disertakan dalam kapal itu, untuk menjaga keamanan kapal selama melewati beberapa selat yang menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Tengah, dan selama berlabuh di pelabuhan negara-negara asing.

Meski secara resmi konvoi kapal perang itu disebutkan akan menjalani latihan rutin, banyak pihak menduga langkah Rusia ini berkaitan dengan situasi di Suriah, yang sedang menghadapi tekanan dunia internasional. Kemenhan Rusia membantah sinyalemen tersebut. (AP/DHF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.